Satlinmas Harus Sukseskan Pengamanan Pilkada dan Pilgub

Purbalingga, medianusantaranews.com

Kabupaten Purbalingga menjadi tuan rumah Apel Siaga Kesiapan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam Pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Pilkada Serentak Tahun 2018 se-Eks  Karesidenan Banyumas. Apel yang dilaksanakan di Alun-alun Purbalingga ini bertindak selaku Pimpinan Apel, Bupati Purbalingga H.Tasdi, S.H., M.M.,Rabu (9/5/2018).

Apel kesiapsiagaan Satlinmas diikuti oleh 4 kompi Satlinmas Purbalingga, 1 Kompi Satlinmas Banjarnegara, 1 Kompi Satlinmas Banyumas, 1 Kompi Satlinmas Cilacap serta  beberapa kompi dari Kodim 0702/Purbalingga, Lanud Jenderal Besar Soedirman, Polres Purbalingga, dan Pramuka Kwarcab Purbalingga.

Bupati Purbalingga H. Tasdi, S,H,. M.M., menyampaikan agar Satlinmas dapat turut serta mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2018 yakni Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Pilkada Bupati/Wakil Bupati Banyumas, khususnya dari segi sekuriti atau keamanan.

“Satlinmas dituntut terlibat aktif secara profesional dan proporsional, untuk menyukseskan setiap tahapan Pilkada. Hal ini berpedoman pada Permendagri Nomor 10 tahun 2009, tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum,” kata Bupati.

Bupati merinci beberapa aspek yang harus menjadi perhatian keamanan Satlinmas, diantaranya menjaga ketertiban keamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), mengedepankan mekanisme deteksi dini, yaitu identifikasi area rawan keamanan, ketertiban masyarakat. Serta mitigasi terhadap munculnya gangguan keamanan ketertiban masyarakat.

Semua tahapan Pilgub dan Pilkada serentak Tahun 2018 juga diminta agar tetap berjalan dengan aman, tertib dan terkendali baik sebelum, pada saat dan pasca pemilihan. Suasana politik yang memanas karena perbedaan aspirasi pilihan, jangan sampai berdampak pada  disintegrasi dalam masyarakat, gangguan kamtibmas apa lagi sampai pada disintegrasi bangsa.

“Pilihan boleh berbeda, namun persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap dijaga dan ditempatkan pada posisi yang utama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tuturnya.

Selain sukses secara sekuriti, Bupati berpesan agar Pilkada dan Pilgub Jateng ini juga sukses secara filosofis, sukses yuridis dan teknis, sukses administratif, sukses sosiologis, dan sukses partisipatif.  Pilkada dan Pilgub Jateng 2018 ini diharapkan bisa sukses memilih pemimpin yang baik yang dapat membawa rakyat kepada kesejahteraan dan kemakmuran,

“Menghasilkan para pimpinan pemerintahan yang sesuai dengan keinginan masyarakat, mempunyai integritas dan karakter yang membanggakan, berkemampuan dan diterima oleh masyarakat, yang pada akhirnya membawa berkah dan kemanfaatan besar bagi masyarakat dalam meningkatkan harkat dan martabat kehidupannya,” kata Bupati.

Seperti diketahui, secara nasional terdapat 171 daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak yang dilaksanakan pada hari Rabu Pon, tanggal 27 juni 2018 nanti. Dari jumlah 171 tersebut terbagi atas 17 Provinsi, 39 Kota dan 115 Kabupaten. Khusus Provinsi Jawa Tengah,  disamping Pemilihan Gubernur, juga ada 7 Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan pilkada serentak yakni Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, Tegal, Magelang dan Kota Tegal. Forum apel kesiapsiagaan yang merupakan putaran ke VI atau terakhir di Jawa Tengah.

Apel dihadiri oleh Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Tr (Han) mewakili Pangdam IV/Diponegoro, Plh. Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Tengah, Wakil Bupati Purbalingga beserta Fokompimda Kabupaten Purbalingga, pejabat yang mewakili Bupati Banyumas, Bupati Cilacap, dan Bupati Banjarnegara, para Pimpinan Partai Politik di Purbalingga Ketua KPU, Ketua Bawaslu Beserta Para Ketua Panwascam Se-Kabupaten Purbalingga dan pejabat.

(Didi)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *