Terjerat OTT Oleh KPK : Zainudin Hasan Tetap Tersenyum, Harta Kekayaan Dan Pasrahnya Zulkifli Hasan

Bandar Lampung, medianusantaranews.com

KPK menggelar Operasi Tangkap Tangan di kabupaten Lampung Selatan pada 26/07 hingga pagi hari. Melalui siaran resmi, juru bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan ada sekitar 12 orang yang diamankan pada 27/07 pagi tadi.

Naasnya, bupati Lampung Selatan yang gemar melakukan i’tikaf ini juga terseret didalamnya, bresama 11 orang lainnya dan turut diamankan.

“Sampai pagi ini diamankan sekitar 12 orang,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta.

Febri mengatakan Zainudin bersama sebelas orang lainnya tengah menjalani pemeriksaan penyidik KPK di Markas Polda Lampung. Setelah pemeriksaan itu nantinya penyidik akan memboyong Zainudin dan yang lainnya ke markas KPK di Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Terakhir, ketua KPK pun turut membenarkan jika kepala daerah Lampung Selatan yang merupakan adik kandung ketua MPR Zulkifli Hasan juga terciduk oleh satgas KPK.

“Terdiri dari unsur Kepala Daerah/Bupati, anggota DPRD, swasta dan pihak lain yang terkait,” ujar Ketua KPK Agus Rahardjo saat dikonfirmasi.

Agus mengatakan, para pihak yang ditangkap diduga terlibat transaksi suap. Dari OTT itu Tim Satgas KPK mengamankan uang Rp700 juta yang diduga terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Lampung Selatan.

“Tim mengamankan uang Rp700 juta dalam pecahan Rp100rb dan Rp50rb. Diduga terkait proyek infrastruktur,” ujar Agus.

Tetap Tersenyum

Zainudin Hasan yang diboyong KPK telah tiba di Jakarta pada Jum,at (27/07) pukul 13. 30 WIB. Saat itu Zainudin Hasan tetap menebar senyuman pada wartawan dan berjalan dengan santai. Namun Zainudin Hasan bungkam saat wartawan memburunya dengan pertanyaan – pertanyaan terkait diamankan dirinya oleh KPK.

Ia tetap tak menggubris saat ditanya soal uang sebesar Rp700 juta yang disita tim penindakan KPK dalam OTT semalam. Zainudin juga bungkam saat dikonfirmasi apakah sang kakak, Zulkifli Hasan, mengetahui dugaan suap yang menjeratnya.

Harta Kekayaan Zainudin Hasan

Dilansir dari cnnindonesia.com, Zainudin diketahui punya kekayaan Rp13,3 miliar. Hal ini sebagaimana tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Ketua DPW PAN Provinsi Lampung tersebut.

Zainudin terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada 3 Agustus 2015. Zainudin diketahui punya kekayaan Rp13,3 miliar.

Hal ini sebagaimana tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Ketua DPW PAN Provinsi Lampung tersebut. Zainudin terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada 3 Agustus 2015.

Zulkifli Hasan Minta Zainudin Hasan Kooperatif

Zukifli Hasan, kakak dari bupati Lampung Selatan yang terjerat OTT oleh KPK mempasrahkan kasus yang menimpa adiknya pada KPK.

“Sebagai kakak, saya memohon maaf kepada masyarakat Lampung Selatan khususnya dan seluruh masyarakat Lampung atas apa yang terjadi,” kata Zulkifli dalam siaran pers yang dikutip CNNIndonesia.com, Jumat (27/7).

“Saya menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus ini kepada KPK. Saya percaya KPK akan bertindak profesional,” tulis dia. “Sebagai kakak tertua, wakil orang tua, kami sangat prihatin dan sedih atas musibah yang terjadi. Kita ikuti proses hukum dan saya minta adinda Zainuddin kooperatif,” kata dia. (dbs)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *