KOMINFO SUPORT IT, MEDIA CENTER DAN PENYIARAN PON XX

Jakarta,Medianusantaranews.com- Kementerian Informasi dan Komunikasi Republik Indonesia (Kominfo-RI) mensupport Informasi dan Teknologi (IT), Media Center dan Penyiaran pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 di Bumi Cenderawasih.

Hal itu dikemukakan Menteri Kominfo (Menkoinfo) Rudiantara kepada pers usai pertemuan dengan tim Road Show PON Papua yang dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Papua TEA Hery Dosinaen, S.IP. MKP.M.Si dan rombongan, Jumat siang (09/11/2018) di Kantor Kominfo Jakarta Pusat.

” Ada permintaan dari pak gubernur, kita akan review. Yang pasti PON agenda nasional artinya siapapun harus mendukung. Teknisnya kita akan detilkan bentuk dukungannya,” ungkap Menkoinfo.

Dijelaskan Menkoinfo, dukungan teknis pertama yang segera dilakukan kementeriannya adalah menginventarisir kebutuhan jaringan di kabupaten dan kota yang menjadi kluster PON dan Kabupaten Peyangga sehingga fasilitas pendukungnya bisa disediakan bekerjasama dengan operator telekomunikasi.

“Dukungan teknisnya secara detail mengenai bentuk jaringannya dan di kota maupun kabupaten mana saja yang belum di cover termasuk daerah yang sudah tercover yang mana. Kita harus hitung mencukupi atau tidak? Itu dari sisi jaringan,” ungkapnya.

Kemudian yang kedua untuk media center nanti disesuaikan dengan kebutuhan di venue-venue cabang olahraga PON. “Kemudian dari sisi media center nanti kita lihat seperti apa (kebutuhannya).”

Dukungan ketiga terkait penyiaran dan publikasi bekerjasama dengan media televisi, radio dan media lainnya. Saat ini untuk mensupport penyiaran akan di backup lewat TVRI dan RRI.

“Untuk penyiaran ada televisi dan ada radio. nanti dikoordinasikan,” ujar Menkoinfo seraya menambahkan bahwa pihaknya menyarankan agar dibentuk panitia nasional dan panitia daerah untuk melaksanakan tugas-tugas yang terkait dengan informasi dan komunikasi.

” Saya sarankan tadi harus ada panitia nasionalnya dan panitia daerah supaya jelas sehingga semua bergerak dan bekerja sama,” harapnya.

Kominfo bertugas menyediakan ketersedian dan kapasitas jaringan seperti Palapa Ring untuk digunakan operator telekomunikasi seperti Telkom, Telkomsel, Indosat dan lainnya.

“Kalau mengacu pada Asian Games dan Asian Para Games yang melakukan pengadaan itu Organisation Community. Saya bertugas menyiapkan kapasitas jaringan seperti Palapa Ring untuk Telkom,” tandas Menkoinfo.

Ditempat yang sama, Sekda Papua, Hery Dosinaen,S.IP.MKP.M.Si mengatakan Menkoinfo mendukung penuh penyelenggaraan PON di Papua dan akan mensupport penyelenggaraan iven empat tahunan itu sesuai dengan Inpres Nomor 10 Tahun 2017 tentang Dukungan Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI tahun 2020 mendatang di Papua.
“Kominfo mendukung PON Papua dan dukungannya akan mengcover seluruh kluster di lima kabupaten dan satu kota termasuk 4 kabupaten peyangga,”ungkap Dosinaen.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kominfo, Kansianna Salam, SH terkait dukungan Kominfo meliputi tiga aspek yakni Jaringan, Media Center dan Penyiaran. Teknisnya akan dilakukan bersama dengan Kominfo Papua.
” Teknis dukungannya akan dilakukan secara di semua daerah kabupaten kota penyelenggara PON,” ungkap Kansianna.

Lanjutan Road Show dalam rangka PON XX dan Peparnas XVI di Papua ke Kementerian Kominfo dipimpin Sekda Papua didampingi Asisten I Doren Wakerkwa, SH, Kepala Bappeda DR. M Musa’ad, Kepala Inspektorat Anggiat Situmorang, Kepala Dinas Kominfo, Kansiana Salle,SH, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Drs. Daud Ngabalin dan Kepala Badan Pendapatan Daerah, Gerson Djitmau, SH.(MNN GROUP)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *