Tulangbawang wakili Provinsi Lampung raih juara I Lomba masak serba ikan tingkat nasional Ke-16, Tahun 2018

Tulang Bawang, Medianusantaranews.com -Bertepatan dengan hari ikan nasional Ke-5, Kabupaten Tulangbawang mewakili Provinsi Lampung mengikuti perlombaan masak serba ikan tingkat nasional Ke-16, Tahun 2018 dan berhasil meraih juara pertama, dengan menu masakan balita gemar makan ikan, yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jum’at (07/12/2018).

“Ini bentuk komitmen dan keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang terhadap nelayan dan potensi perikanan yang ada di Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur,”ujar Bupati Tulangbawang.

Bupati Tulangbawang Hj. Winarti, SE, MH, didampingi Kepala Dinas Perikanan M. Puncak Stiawan SP MM, mengucapkan terimakasih kepada Kementrian Kelautan Perikanan yang telah berhasil meningkatkan konsumsi ikan secara nasional melalui penggeraknya, yakni Ibu Menteri Susi Pudjiastuti.

“Dihari ini Lampung berhasil mendapat juara pertama, karena gotong royong bersama, saya berterimakasih kepada masyarakat Lampung khususnya Tulangbawang karena tetap semangat makan ikan, sebab kata Ibu Susi, kalau tidak makan ikan akan ditenggelamkan,” ujar Bunda, sapaan akrab Bupati Tulangbawang, sesaat setelah menerima penghargaan sebagai juara pertama.

Lebih lanjut, Bupati Gotong Royong ini menyampaikan, bahwa salah satu upaya menekan stanting atau kekurangan gizi, seluruh masyarakat diharapkan harus makan ikan, apalagi khusus kepada ibu hamil dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

“Kita harus gemar makan ikan, maka dengan diraihnya lomba masak ikan tingkat nasional ini oleh Provinsi Lampung yang diwakili Kabupaten Tulangbawang, diharapkan kepada masyarakat khususnya di Tulangbawang dapat makin gemar makan ikan,” harap Bunda Winarti.

Adapun sebelumnya, Kabupaten Tulangbawang mewakili Provinsi Lampung ini lantaran usai berhasil menyabet juara pertama pada lomba masak serba ikan Tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung pada bulan April 2018 lalu yang diikuti peserta dari seluruh kabupaten dan Kota se-Provinsi Lampung.

Dalam lomba itu, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang, atas instruksi Bupati Winarti, mengutus Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tulangbawang, M Puncak Stiawan SP MM, beserta jajarannya supaya dapat memberikan kontribusi maksimal yang diharapkan dapat berdampak pada kegemaran masyarakat untuk makan ikan.

Alhasil kreasi dalam menciptakan menu masakan berbahan ikan tersebut membawa Kabupaten Tulangbawang mewakili Provinsi Lampung ke tingkat Nasional pada peringatan hari ikan nasional ini.

Dijelaskan, berhasilnya juara, tidak terlepas dari menu masakan yang disajikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan, untuk menu Keluarga disajikan menu bernama Perahu Kajang Lako, lalu menu Kudapan bernama Triangel Kakap dan menu Balita bernama Brown Rice Doll Tuna, lalu pada tingkat nasional, Tulangbawang menyajikan menu masakan balita gemar makan ikan dengan nama “Nasi Suoh Gabus”.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan KKP RI dalam rangka memperingati hari ikan nasional, berhasilnya kabupaten Tulangbawang dalam mewakili Provinsi Lampung usai mengalahkan menu masakan dari seluruh Provinsi se-Indonesia.(hai/ADV)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *