NAH DIDESA PURUN PENUKAL PALI PENGEBORAN PT PERTAMINA EP ASSET II  FIELD ADERA DIDEMO IBU IBU ?

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
medianusantaranews.com

Walaupun pertambangan minyak dan gas bumi merupakan kegiatan vital Negara Indonesia, namun kegiatan ini tetaplah harus mengikuti peraturan dan UU yang belaku di negara Indonesia, tidak bisa semaunya, apalagi menciptakan kesan seperti sebuah negara didalam negara cuma karena di back up oknum oknum yang bisa ” mengaman ” kan segala pelanggaran segala aktivitasnya.

PT Pertamina EP Asset II Field Adera merupakan unit PT Pertamina salah satu BUMN yang melakukan operasionalnya diwilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan.

Aktivitas Perusahaan BUMN ini, dari pantauan, baik itu melalui media sosial maupun pemberitaan pemberitaan diduga banyak melakukan pelanggaran pelanggaran. Misalnya seringnya terjadi kebocoran pipa penyalur minyak mentahnya, ini disinyalir karena krosi pipa yang tidak layak dipergunakan lagi namun tetap dipaksakan dipakai.

Juga Perusahaan ini dalam melakujan aktivitasnya, pengangkutan alat berat pengeborannya sering menggunakan jalan masyarakat yang sudah dibangun oleh Uang rakyat. Diduga kuat kalau pengangkutan alat berat perusahaan ini, menggunakan jalan masyarakat tidak mengantongi izin resmi. Namun aktivitas seperti ini bertahun tahun selalu lancar tanpa hambatan, bahkan mirisnya lagi Pemkab PALI juga terkesan tutup mata. Ada apa ini ?. Dalam hal ini berarti APBD yang notabene Uang Rakyat membangunnya, Perusahaan tukang merusaknya.

Selanjutnya yang juga sangat patal, jalur pipa migas Perusahaan ini banyak yang berada diatas tanah walaupun dipemukiman warga, tidak ditanam, hal ini bisa sangat mengancam masyarakat sekitar bila sewaktu waktu jalur pipa migas tersebut terjadi kebocoran, bahkan seandainya terjadi ledakan. Hal ini sangat bertentangan dengan UU RI Nomor 22 Tahun 2001 pasal 33 Tentang Minyak dan Gas Bumi, Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi Nomor 300.K /38/M.pe/1997 pasal 7 ayat 2 . 

Yang sangat memprihatinkan lagi pada Jum’at ( 07/12/2018) ibu ibu di Desa Purun Selatan Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan melakukan demo di lokasi pengeboran Dewa 63  milik  migas PT Pertamina Asset II Field Adera.

Lokasi pengeboran migas PT Pertamina Asset II Field Adera ini sangat dekat dengan pemukiman warga, Warga menyebut kegiatan pengeboran PT Pertamina Asset II Field Adera sudah sangat mengganggu ketenteraman warga karena kebisingannya.

Demo yang dikuti ibu ibu rumah tangga inj menuntut agar aktivitas pengeboran PT Pertamina Asset II Field Adera dihentikan, karena kata mereka, warga terutama balita dan anak anak kalau malam tidak bisa tidur karena suara bising.

Juga anak sekolah di SDN 14 Penukal yang di Desa Purun Kecamatan Penukal Kabupaten PALI proses belajar mengajar sangat terganggu. Mereka minta di stop aktivitas pengeboran tersebut.

Hal ini juga disampaikan oleh Ibnu Hasyim di akun facebooknya, ditulisnya demo ibu ibu masyarakat Desa Purun Selatan terhadap PT Pertamina Adera yang melakukan pengeboran dilokasi Dewa 63, menuntut PT Pertamina Adera menghentikan pengeboran karena bising terutama untuk balita tidak bisa dan anak sekolah SDN 14 terganggu belajar. Kepada Pemerintah, media, LSM, aparat penegak hukum, Dinas lingkungan Republik Indonesia, dan DPR Kabupaten PALI mohon dapat merespon tuntutan ibu ibu, masyarakat umumnya yang masuk dalam radius  dampak bagi masyarakat.(AE)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *