Pemkab Tubaba Targetkan Akhir Tahun 2018 Pembangunan Fisik Selesai Tepat Waktu

Medianusantaranews.com, Tulang Bawang Barat, Lampung-Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR),Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), targetkan pada bulan Desember 2018 seluruh pembangunan fisik yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) baik Dana Alokasi Khusus (DAK) serta Dana Alokasi Umum (DAU) murni ataupun perubahan yang menggunakan anggaran berkisaran 100 miliar pada akhir tahun anggaran 2018 di targetkan selesai tepat waktu.

Iwan Mursalin, kepala dinas PUPR Tubaba, mengatakan seluruh pekerjaan tersebut sudah dikerjakan oleh pihak ketiga rekanan dengan petunjuk juklak dan Juknis bestek yang ada, hingga di akhir bulan November 2018 ini, ditargetkan rampung dikerjakan.

Sementera kegiatan pembangunan fisik yang menggunakan anggaran yang bersumber dari pinjaman PT SMI, sebesar, kurang lebih, 48,miliar, untuk pembangunan pelebaran di 3 ruas jalan yakni dari mulya asri -pasar tempel,Kecamatan tuba-tengah yang menggunakan anggaran dana kurang lebih 19 miliar, terus pelebaran ruas jalan dari tugu rato naga bersanding menuju pasar tiyuh kagungan ratu, menggunakan anggaran 12 miliar dan pelebaran ruas jalan dari tiyuh kagungan ratu simpang tiyuh karta, kecamatan Tuba-Udik yang menggunakan anggaran sebesar 17 miliar.

“Semua kegiatan fisik tersebut saat ini sedang berjalan sesuai dengan target kontrak selama 6 bulan, kita targetkan pada bulan Mei 2019 sudah selesai tepat waktu,” terang Iwan Mursalin didampingi Rizal Sekretaris Dinas PUPR,Senin(24/12/2018).

Sementara untuk pembangunan fisik khusus pasar Pulung kencana yang berada di Kecamatan Tulangbawnag Tengah sesuai dengan kontrak 18 bulan, akan mulai dikerjakan pada akhir bulan nopember 2018.

“Dengan menggunakan anggaran 79 miliar dalam pelaksanaannya nanti kita berharap terhadap rekanan yang mengerjakannya bisa bekerja dengan baik sesuai dengan juklak dan juknis serta Bestek yang ada,”terangnya.

UNTUK PENATAAN WAJAH KOTA TUBABA.
Pelebaran ruas jalan tugu rato naga bersanding tersebut untuk melakukan penataan ruasjalan dibundaran tugu rato. Jalan ini akan ditingkatkan menjadi jalan beton yang sebagiannya dihiasi batu alam. Kegiatan ini didanai dari APBD 2018 senilai Rp7 miliar. Ruas ini termasuk salah satu rencana Jalan Lingkar Kabupaten yang peningkatannya scr massiv dilakukan tahun 2018 ini dan jalan lingkar kabupaten ini rencana Tahun mendatang akan di bentuk jalur dua lengkap dengan PJU,Pedestrian dan lain-lain demikian Masterplan Percepatan Pembangunan kawasan Perkotaan Tubaba.
“Selain ikon Tugu rato, tugu empat marga juga dipercantik dan ditambah sejumlah infrastrukturnya agar masyarakat lebih nyaman jika mengunjungi tugu tersebut,” tambahnya.

Selain pembangunan yang di kerjakan melalui Anggaran Dana DAK, Kata dia Pemkab juga akan melanjutkan pembangunan gedung terpadu yang terletak di Tiyuh Panaragan Kecamatan, Tulang Bawang Tengah(TBT) yang mana gedung ini nantinya akan digunakan semua Intansi .

“Untuk dinas apa saja yang akan menempatinya kita serahkan sepenuhnya kepada Bupati dan Wakil Bupati Tulang Bawang Barat, karena itu merupakan kewenangan Pemerintah Daerah, karna kami hanya di tugaskan untuk mengerjakan pembangunan ini sehingga pembangunan bisa berjalan dengan baik, dan dalam pembangunan ini akan di targetkan selesai dalam ahir tahun 2018,”ujarnya.
Sementara itu Firman, selaku Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum(PUPR) Tulang Bawang Barat(Tubaba), mengatakan bahwa melalui Dinas PUPR, Pemkab juga akan melakukan peningkatan pembangunan Relief patung Megow Pak, dengan anggaran kurang lebih 1,5 Miliar berikut pembangunan talut pada tepi kiri dan kana bangunan tersebut.

“Relif Megowpak yang ada di letter ‘S Panaragan itu akan di perindah dengan konsep-konsep yang telah di rancang, bahkan untuk pintu masuk Tiyuh Panaragan juga telah dirancang Pembangunannya, selain itu dinas juga akan melakukan finishing pembangunan dua kantor kecamatan yaitu kantor kecamatan Batu Putih dan Pagar Dewa,” kata Firman.

Bahkan lanjut dia pada tahun 2018 pemkab kembali membangun dua gedung yaitu rumah dinas sekretaris daerah (Sekda) dan rumah dinas ketua Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD). untuk lokasi rumah dinas DPRD berada di Tiyuh Panargan sementara rumah dinas sekda berada di Tiyuh pulung kencana, saat ini tahap pengerjaan nya sedang berjalan.(ADV)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *