Angin Pentil Muter Rusak Puluhan Rumah Warga

Musi Banyuasin,medianusantaranews.com, Sedikitnya ada puluhan rumah warga di Desa Purwa Agung, Desa Karang Tirta, dan Desa Mekar Jaya di Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan rusak porak poranda disapu angin Pentil Muter alias Lesus alias Puting Beliung pada Kamis malam yang lalu. Bukan hanya itu dampak kencangnya angin pentil muter gedung sekolah didesa itu menjadi sasarannya.

Beruntung dari amukan angin pentil muter itu tidak ada korban jiwa. Dari catatan Camat Lalan, Okta Rizal SE ada 2 unit rumah di Desa Purwa Agung rusak berat, rusak ringan 10 unit, tempat ibadah ada 3 tempat dan gedung sekolah rusak 1 unit.

Untuk di Desa Karang Tirta rumah rusak berat ada 2 unit, rusak sedang 1 unit dan sekolah rusak ringan 1 unit. Sedangkan di Desa Mekar Jaya rumah rusak sedang ada 1 unit dam dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Saat ini warga yang rumahnya rusak sudah disiapkan tempat pengungsian, jelasnya.

Masih kata camat, pasca kejadian itu dari Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) selain melakukan pendataan juga secara bersama-sama melakukan memperbaiki rumah-rumah yang rusak dengan bergotong-royong, tutupnya saat ditanya wartawan beberapa saat yang lalu.

Sementara Itu PLt Kepala Dinas Kesehatan Musi Banyusian Azmi Dariusmansyah telah mengintruksikan ke Puskesmas Karang Mukti untuk segera turun kelokasi guna mengantisipasi permasalahan masyarakat khususnya masalah kesehatan diminta segera mendirikan posko pelayanan pengobatan dilokasi dan tak lupa memberikan laporan ke Dinas terkait pada kejadian tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Musi Banyuasin H. Muhammad Jaya mengungkapkan bahwa Tim Dinas Sosial Insya Allah Besok akan turun langsung Kelokasi memberikan bantuan berupa sembako bahan pokok dan peralatan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan warga sesuai laporan Camat Lalan ujarnya.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan meminta seluruh OPD tanggap darurat dan segera memberikan bantuan untuk kebutuhan warga di Lalan.

“Segera ke lokasi dan menginventarisir kebutuhan warga, buka posko kesehatan untuk melayani warga setempat,” dalam kesempatan pertama segera ditindaklanjuti karena Pemerintah wajib hadir ditengah tengah masyarakat dan segera laporkan langsung ke saya tindak lanjut yang diperlukan dan yang telah ditindaklanjuti OPD terkait sesuai tugas pokok dan fungsi organisasi, tutupnya.(wal)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *