Banyak Mandat Bisa Mengancam Wibawa PWI

Palembang,medianusantaranews.com- Jika dalam pelaksanaan Konferensi Provisi PWI Sumatera Selatan yang akan digelar pada tanggal 26 januari 2019 di Asrama Haji Palembang diprediksikan akan sepi, bahkan bisa meruntuhkan wibawa dihadapan publik apabila banyak menggunakan surat mandat, karena akan banyak ketidakhadiran anggota yang memilik hak pilih.

Informasi yang dihimpun untuk satu kandidat berhak mendapat 30 lembar surat mandat dari pemilih, sementara ada 4 kandidat pada Kofrenprov dan artinya sebanyak 120 pemilih dipastikan tidak hadir, sementara yang berhak memilih lebih kurang 480 suara, kondisi seperti ini seharusnya dapat disikapi oleh segenap panitia Konferprov PWI SumSel.

Terpisah salah satu pemilih yang tidak mau disebut namanya saat di minta tanggapannya mengatakan, bahwa dirina didatangi salah satu kandidat dan meminta dukungan untuk memilihnya, tetapi saya diminta memberikan mandat saja. ” Saya diminta menandatangani surat mandat itu dan saya tidak perlu hadir lagi pada pelaksanaan acara itu”, ucapnya.

Hanya saja kata sumber, kalau saya nanti pada saat pemilihan hadir, maka mandat yang saya berikan itu tidak berlaku karena saya hadir dan saya akan memilih langsung.

Ketua tim kemenangan DON JON Kurnaidi dengan tegas mengusulkan yang sebaiknya mandat itu “ditadakan saja”, karena menurutnya adanya surat mandat itu membuat suasana konfrenprov yang tidak mendidik dan membuat wibawa PWI Dimata publik tidak ada, ungkapnya saat dijumpai awak media (17/1/3019) beberapa saat yang lalu.

Masih menurutnya, mandat diberlakukan alasan yang jarak tempuh yang jauh, sakit, atau ada sesuatu hal yang membuat tidak dapat hadir, tapi kalau yang ada di Palembang atau Kabupaten Kota yang jarak tempuhnya hanya mengitung jam saja untuk apa pakai mandat.

Untuk itu mantan Ketua PWI Muba berharap pihak Panitia dapat mengambil sikap tegas untuk meminimalisir surat mandat itu, sehingga pada konfreprov itu menghasilkan PWI Sumsel yang cerdas dan berwibawa, tutupnya.

Via telpon Ketua Panitia Konferensi Provinsi PWI Sumatera Selatan, Anwar Radwan terkait kriteria apa saja syarat yang harus dipenuhi dalam pemberian mandat kepada salah satu Calon Ketua PWI Sumsel. ” Masalah mandat lebih baik kita bicarakan di kantor PWI sumsel aja, biar enak ngobrolnya”, jawabnya.(waluyo)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *