Perang Melawan Kanker,Pemkot Metro Peringati Hari Kanker Sedunia

Metro, Medianusantaranews.com-Pemerintah Kota Metro memperingati Hari Kanker Sedunia di Aula TK Pertiwi Kota Metro Selasa (26/02/2019).

Walikota Metro di wakili Staf Ahli Pemkot Metro Yusuf Kota Alam mengatakan, peringatan hari kanker sedunia di Kota Metro yang biasanya diperingati pada setiap tanggal 4 Februari tahun 2019.

Kegiatan tersebut mengambil tema, “Saya adalah dan saya akan (I am and I Will) dengan bertujuan untuk meningkatkan, mendorong dan mengajak semua pihak terkait untuk melakukan kampanye perang melawan kanker, guna mengurangi beban negara akibat kanker

Menurut Yusuf Penyakit tidak Menular (PTM) merupakan penyebab kematian tertinggi dan yang membutuhkan biaya pengobatan dan mahal.Sedangkan PTM salah satunya kasus tertinggi di Indonesia adalah penyakit kanker,hal itu bpplerdasarkan globocan tahun 2018 kasus baru kanker di Indonesia sebanyak 348.809 dengan kematian sebesar 207.210 orang.

Yusuf Kota Alam juga menegaskan, akan pengendalian kanker harus dilaksanakan secara terintegritas dan menyeluruh, dengan melibatkan lintas program dan lintas sektor profesi, intitusi, LSM, masyarakat dan swasta.

“Saya mengharapkan komitmen dari masyarakat Kota Metro, untuk tetap melaksanakan pengendalian penyakit kanker dan pengertian hari kanker sedunia. Semoga dengan adanya peringatan hari kanker sedunia ini, dapat menekan kasus penyakit kanker, salah satunya dengan terdeteksi secara dini. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Metro,” tutupnya. .

Sementara itu ketua Yayasan Kanker Indonesia Kota Metro HarIyati Achmad Pairin menjelaskan, tujuan kegiatan hari kanker sedunia tahun 2019 yaitu untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian individu untuk mencegah dan mengendalikan kanker.

Pencegahan ini bisa kita lakukan melalui meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran individu terhadap kanker dan menerapkan perilaku cerdik. Meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran individu untuk melakukan deteksi dini kanker.Mendorong individu masyarakat Kota Metro mengambil peran dalam pengendalian kanker. Melibatkan seluruh stakeholder terkait dalam pengendalian kanker yang komprehensif. Dan yang terakhir mendorong semua mitra dan kelompok masyarakat untuk melakukan inovasi dalam pencegahan dan pengendalian kanker,” jelas Haryati.

Heriyati juga, mengungkapkan dalam memperingati Hari Kanker Sedunia di Kota Metro, Pihaknya juga telah melakukan Penyuluhan tentang kanker serviks dan pemeriksaan IVA secara serentak di seluruh Puskesmas Kota Metro.

“Kami juga melakukan penyuluhan dan pemeriksaan IVA di sekretariat YKI Kota Metro. Dan yang terakhir World Cup deteksi dini kanker mata pada anak dan deteksi kanker mata pada murid TK Pertiwi,” tambahnya.( Miswati) 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *