Diduga Merekrut Seorang Caleg Melipat Kertas Surat Suara,KPU Tubaba Dinilai Lalai

Medianusantaranews.com, Tulang Bawang Barat-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tulangbawang Barat (TUBABA) Lampung, diduga asal-asalan dalam melakukan perekrutan sejumlah tenaga kerja pelipatan surat suara pemilu 2019.


Betapa tidak, diduga dari sejumlah tenaga kerja pelipatan surat suara tersebut, didapat satu diantara Calon Legislatif (CALEG) DPRD perempuan diusung oleh Partai yang berdahan rindang pohon Beringin.


Menurut Ketua Badan Pengawas pemilu (BAWASLU) Tubaba, Midian.S.Sos mengatakan. Terduga pelaku belum sempat melipat surat suara, karena saat itu sudah ketahuan oleh tim Bawaslu yang berada di lokasi. Sementara menurut informasi yang didapat, pihak KPUD melakukan perekrutan hanya meminta syarat KTP dan Pas photo terhadap pekerja . Apabila hal itu terjadi maka dianggap KPU kabupaten Tulangbawang Barat Lalai dalam proses merekrut pekerja pelipatan kertas surat suara.


“ Kemarin pada (4/3/2019) terduga pelaku sudah kita panggil untuk dimintai keterangan. Menurut terduga pelaku, saat itu dirinya mengantarkan tetangganya yang bekerja untuk melakukan pelipatan surat suara di KPU, dan terduga pelaku juga langsung menawarkan dirinya untuk dapat bekerja melipat surat suara.” Kata Midian, Selasa(5/3/2019).
Lanjut dia, menindak lanjuti dugaan tersebut, Bawaslu segera melakukan pemanggilan terhadap pihak KPUD Tubaba, untuk dimintai secara detail prosedur penerimaan tenaga kerja pelipatan surat suara yang mereka lakukan. 


“ Hari ini (5/3/2019) kami akan panggil pihak KPUD untuk menanyakan prosedur persyaratan penerimaan tenaga kerja pelipatan surat suara tersebut, mengapa bisa kecolongan,” Imbuhnya.
Hingga berita ini dilangsirkan pihak KPUD Tubaba belum dapat dikonfirmasi guna memberikan keterangan atas dugaan tersebut.(Reki)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *