Tiyuh Gedung Ratu Terkepung Asap,Warga Diminta Keluar Rumah

Medianusantaranews.com, Tulang Bawang Barat–Rumah warga ditiyuh Gedung Ratu, Kecamatan Tulangbawang Udik, kabupaten Tulangbawang Barat terkepung asap yang mengepal.


Asap yang berasal dari mesin yang ditunggangi petugas puskesmas  tersebut ternyata Fogging.Kepala puskesmas marga kencana mengatakan, Fogging dilakukan menindaklanjuti adanya beberapa pasien tiyuh gedung ratu yang terdampak penyakit demam berdarah (DBD).

“Setelah dilakukan pengecekan oleh petugas kita dari puskesmas dan dibantu Dinkes¬† tubaba bahwa positif banyak jentik nyamuk demam berdarah, makanya kita langsung lakukan fogging,” kata Purbo Sisworo, Rabu(13/3/2019)
Lanjutnya, sebelum dilakukan fogging ini warga yang berada didalam rumah diharapkan untuk keluar dan dijelaskannya hari-hari sebelumnya masyarakat tiyuh tersebut memang sudah diberikan obat untuk membasmi adanya nyamuk yang bersarang ditempat-tempat yang menjadi sarang utama nyamuk DBD itu.


“Jadi sudah kita berikan obat namanya Abate melalui kader kami kader jumantik, nah obat ini ditaburkan dimana tempat genangan air tempat nyamuk bersarang, hari ini kita lakukan fogging dan warga serta hewan seperti burung yang didalam rumah kami minta agar dikeluarkan karena yang akan ditaburkan adalah racun yang berbahaya untuk kesehatan,” jelasnya.


“Saran kami sebenarnya yang lebih utama dilakukan warga yaitu PSN(Pemberantasan Sarang Nyamuk), lakukan gotong royong dua Minggu sekali. Jadi begitulah cara yang lebih efektif membasmi sarang nyamuk DBD,” katanya.


Sementara, Juaini ketua Partai Solidaritas Indonesia kabupaten Tulangbawang Barat mengapresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah kabupaten Tulangbawang Barat dengan serius memberantas sarang nyamuk untuk menghindari terjadinya korban demam berdarah dibumi”Ragem Sai Mangi Wawai”.


“Terima kasih pemkab tubaba dengan cepat dan tanggap melakukan pembasmian sarang nyamuk DBD dengan Fogging, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Apalagi sudah ada yang terkena DBD ditiyuh ini, wabil khusus Dikabupaten tubaba,” kata Juaini sembari memantau petugas puskesmas yang melakukan Fogging.(Reki)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *