Erwin Ibrahim Paparkan Program Smart City

Lubuk Lingau,medianusantaranews.com- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuasin, Erwin Ibrahim, ST, MM, MBA, Rabu, 11 April 2019 di Hotel Dewinda Lubuk Linggau Sumatera Selatan memaparkan “Smart City untuk Rakyat” kepada peserta Rapat Koordinasi FORSAKADA (Forum Staf Ahli Kepala Daerah Seluruh Indonesia) dikuti sedikitnya ada 300 peserta dari stap ahli daerah aeluruh Indonesia.

Rakor Forsakada yang diikuti para Staf Ahli Kepala Daerah perwakilan seluruh Indonesia berlangsung meriah dan cukup antusias. Pada paparannya, Kepala Dinas yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi LPPL Radio-TV Indonesia menjelaskan bahwa Smart City merupakan optimalisasi pelayanan publik, yakni memudahkan dalam memberikan pelayanan dasar yang dibutuhkan masyarakat.


Tujuanya mengintegrasikan seluruh aspek kehidupan seperti bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan bidang-bidang lainnya untuk diperoleh masyarakat secara mudah, cepat, akurat, dan murah.

Selain itu, Erwin Ibrahim juga menyampaikan bahwa salah satu indikator Teknologi Informatika yang dapat digunakan adalah pelayanan publik berbasis e-ktp berdasar by name, by adress, dan by NIK. Semua informasi yang disampaikan dapat ditelusuri melalui aplikasi, baik dalam hal publikasi informasi maupun telaah kritis terhadap pembangunan yang sedang berjalan.

Di sisi lain, Erwin juga berbagi bahwa Pemerintah Daerah melalui Staf Ahli dapat mewujudkan program smart city dengan tidak menggunakan anggaran pemerintah, seperti melalui kerjasama dengan stackholder yang ada. Kita dapat memberi kontribusi pada pemerintah melalui program itu, bahkan mungkin dapat menjadi salah satu sumber PAD, ungkapnya. (asta)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *