Bupati Way Kanan Lantik Kepala Kampung Karta Jaya

Way Kanan(MNN)–Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya melantik Kepala Kampung Karta Jaya Kecamatan Negara Batin Hasil Pemilihan Antar Waktu (PAW)
Senin, 13 Mei 2019.

Dalam Sambutan Tertulis Bupati Raden Adipati Surya Mengawali sambutannya mengucapkan selamat kepada Saudara Kanedi, SE, MM yang dilantik menjadi Kepala Kampung Karta Jaya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat, aparatur Kampung Karta Jaya dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung Antar (PAW) melalui musyawarah kampung sehingga dapat berjalan lancar dan pada hari ini dilaksanakan pelantikan,” kata Raden, Senin(13/5/2019).


Masih kata Raden, dalam rangka menyelenggarakan kewenangan kampung dibutuhkan kepemimpinan kepala kampung yang yang memahami kebutuhan kampung dan masyarakatnya. Adapun proses PAW telah diatur dalam peraturan perundang-undangan dengan mekanisme serta persyaratan yang diharapkan mampu memunculkan kepala kampung yang didukung oleh sebagian besar masyarakat kampung. Oleh karena itu, sesungguhnya kepala kampung mengemban amanat yang tidak ringan.
Kepala kampung harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks serta mampu menempatkan diri diatas semua kepentingan masyarakat kampung, demi membangun serta memajukan kampung dan warganya.
Dalam penyelenggaraan pemerintahan kampung hendaknya perlu ditumbuhkembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan.

“Pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan khususnya perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di kampung harus senantiasa ditonjolkan. Hal ini akan mendorong tumbuhnya iklim demokratisasi dikalangan masyarakat, yang pada gilirannya akan mendorong partisipasi yang lebih luas dalam seluruh bidang dan peri kehidupan masyarakat kampung,” tegasnya.


Seiring dengan perubahan regulasi yang mengatur tentang kampung, tidak lagi hanya sebagai objek pembangunan dari pemerintah, tetapi mempunyai peran penting sebagai subjek pembangunan yang mempunyai hak dan kewenangan mengatur urusan rumah tangga sendiri.
Konsekuensi dari hal itu, kampung diberikan dana yang cukup besar untuk dikelola dan dimanfaatkan sebesar–besarnya untuk kepentingan masyarakat kampung.

“Besarnya anggaran ADD/ADK yang dikelola harus mampu dimanfaatkan sebagai stimulan bagi pemerintah kampung dan warga masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan pendapatan asli kampung.
Pengelolaan ADD/ADK saat ini tengah menjadi perhatian serius dari berbagai pihak, termasuk dari aparat penegak hukum. Oleh sebab itu saya sangat mengharapkan seluruh stake holders kampung, terutama instansi terkait yang mempunyai fungsi pembinaan, pengawasan, dan pemeriksaan atas penyelenggaraan pemerintahan kampung agar secara bersama–sama dan bersinergi melakukan pembinaan, mengarahkan, dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan kampung, sehingga dapat terwujud tata kelola pemerintahan dan tatakelola keuangan kampung yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan, serta terhindar dari masalah hukum,” kata dia.

Dalam menaruh harapan kepada kepala kampung terpilih Raden mengucapkan selamat bekerja kepada Kepala Kampung yang baru dilantik, dan kepada kepada Saudara Yuliher Paulus Sitomorang saya ucapkan terima atas pengabdian dan jasa-jasanya selama memangku jabatan sebagai Kepala Kampung Karta Jaya selama ini.


“Kepada Calon Kepala Kampung yang tidak terpilih saya mengharapkan agar tetap berkomitmen untuk mendukung dan mensukseskan kemajuan Pembangunan di Kampung Karta Jaya, karena mengabdikan diri untuk membangun banyak cara lain tidak mesti harus menjadi seorang kepala kampung. Sebab, Semua yang kita lakukan untuk kepentingan masyarakat adalah ibadah,” ucap dia mengakhiri sambutannya.(Hai/red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *