Silaturahmi Kebangsaan Bersama Ketua MPR RI H.Zulkifli Hasan

Way Kanan(MNN)–Dalam Sambutannya Bupati Raden Adipati Surya mengatakan
Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan mengucapkan selamat datang kepada Ketua MPR RI Bapak Dr. (Hc) H. Zulkifli Hasan, SE, MM beserta rombongan di Kabupaten Way Kanan, sehingga dapat melihat langsung keadaan kabupaten way kanan dan dapat memberikan motivasi kami dalam rangka melaksanakan pembangunan.

“Kabupaten Way Kanan merupakan salah satu dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung yang dibentuk berdasarkan Undang Undang Nomor 12 Tahun 1999, yang ditetapkan pada tanggal 27 April 1999, memiliki luas wilayah 3.921,63 km2 atau sebesar 11,11% dari luas Provinsi Lampung. Berdasarkan pola penggunaan lahan, perkebunan merupakan jenis penggunaan lahan paling luas pemanfaatannya yaitu seluas kurang lebih 112.139 Ha, hal ini jelas menunjukkan mayoritas penduduk Way Kanan bermata pencaharian sebagai petani,” kata Adipati


Sebagai langkah menuju cita-cita itu maka Pemerintah Kabupaten Way Kanan telah menetapkan visi Way Kanan Maju dan Berdaya Saing 2021. Dengan 6 (enam) misi pokok agenda pembangunan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pelayanan kesehatan,
  2. meningkatkan kualitas dan pelayanan pendidikan,
  3. Meningkatkan pembangunan infrastruktur,
  4. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui koperasi usaha kecil dan menengah (UMKM),
  5. Membentuk sumberdaya manusia yang lebih baik, handal dan dapat berdaya saing, sehingga terbentuk pemerintahan yang bersih dan berwibawa,
  6. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Way Kanan dengan mengembangkan potensi daerah yang berbasis pada sektor perkebunan dan pertanian.
    Sebagaimana kita ketahui, salah satu karakteristik bangsa Indonesia adalah kebesaran, keluasan dan kemajemukannya. Sebuah negara-bangsa yang mengikat lebih dari setidaknya 1.340 (seribu tiga ratus empat puluh) suku bangsa dan bahasa, ragam agama dan budaya.
    kita patut berbangga bahwa bangsa Indonesia memiliki konsepsi dan konsensus bersama menyangkut hal-hal fundamental bagi keberlangsungan, keutuhan dan kejayaan bangsa yang besar dan luas ini. Para pendiri bangsa telah mewujudkan konsepsi dan konsensus kebangsaan dan kenegaraan tersebut yaitu dasar negara pancasila, konstitusi negara yaitu Undang-undang dasar tahun 1945, bentuk negara yaitu negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan nasional, yang saat ini kita kenal dengan nama 4 (empa) Pilar Kebangsaan.
    Demikian juga keadaan di Kabupaten Way Kanan memiliki pendudukan yang berlatar belakang berbeda-beda. Syukur alhamdulihah meskipun penduduknya majemuk tetapi suasana di Kabupaten Way Kanan dapat hidup berdampingan dengan aman, tentram dan sejuk.
    Ketenteraman tersebut tidak terlepas dari kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Way Kanan, TNI/Polri, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan seluruh rakyat Kabupaten Way Kanan menyadari bahwa perbedaan itu adalah kekayaan, dan bersatu dalam rangka melaksanakan pembangunan untuk kemajuan bersama.
    Selanjutnya, khusus pada pelaksanaan Pilpres dan Pileg tanggal 17 April 2019 di Kabupaten Way Kanan, dapat terlaksana dengan baik tanpa ada gangguan yang akan menghambat jalan pelaksanaan Pileg dan Pilpres tersebut.
    Dengan demikian kami berhasil mempertahankan Kabupaten Way Kanan sebagai daerah yang aman dalam pelaksanaan Pileg, Pilpres dan Pilkada seperti di tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tidak terlepas dari peran Pemerintah Daerah, TNI/Polri telah bekerja keras untuk mengawali Pemilu, dan masyarakat pun menyadari perbedaaan dalam memilih bukan memecah belah, tetapi sarana untuk berdemokrasi yang konstitusional dalam kehidupan berbangsa dan negara.
    Melalui silaturahmi kebangsaan bersama Ketua MPR RI Bapak Dr (Hc) Zulkifli Hasan, SE, MM pada hari ini, mudah-mudahan akan semakin menumbuhkembangkan nilai-nilai kebersamaan, solidaritas sosial tanpa memandang etnis, golongan, dan memantapkan persatuan dan kesatuan antar seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Way Kanan dalam rangka hidup berbangsa dan bernegara yang aman, damai dan tenteram.(red/hai)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *