Realisasi DD Tiyuh Pagar Dewa Suka Mulya Tahun 2018 Diduga Mar’up

Tulang Bawang Barat (MNN)–Realisasi Dana Desa (DD)Tiyuh Pagar Dewa Suka Mulya, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Tulang bawang Barat (Tuba a),Lampung diduga Mar’up dalam pelaksanaan pembangunan tahun 2018. Pasalnya, sejumlah realisasi Dana Desa Tahun anggaran 2018 ditiyuh Pagar Dewa suka mulya tersebut diduga tidak masuk akal dalam penganggarannya, seperti pembuatan Drainase sepanjang 385 Meter harus menelan anggaran Dana Desa(DD) Rp.191.097.000, pembuatan sumur bor satu unit menelan anggaran sebesar Rp.53.389.000. lebih parahnya lagi dugaan Mar’up tersebut pada pembuatan buka badan jalan menelan anggaran yang diduga tidak masuk akal hingga menghabiskan anggaran Rp.177.790.000.

Saat ingin dikonfirmasi kepala tiyuh Pagar Dewa suka Mulya Warwari tidak bisa ditemui dikediamannya.

Sementara itu, Sekretaris tiyuh(carik) Iyan Permana membenarkan anggaran tersebut.

“Ya benar segitu anggarannya,kalau gak salah buka badan jalan 4 kilo meter(4000 meter) terletak di RK 01,02,03, pakai alat berat(eksapator) dari unit 3, kalau drainase itu ada dua macam satu ukuran besar 78 meter dan ukuran kecil 307 meter jadi semua drainase panjangnya 385 meter ,jadi yang besar itu agak besar dikit dari yang kecil drainasenya,sumur bor pakai 1 tower kedalaman 65 meter,” kata Iyan saat dikonfirmasi melalui via Cellulernya,Selasa(21/5/2019).

Saat ditanya realisasi DD tahap ke 1 tahun 2019 Ia mengatakan diperuntukkan untuk dua unit sumur bor namun sangat disayangkan Ia tidak mengetahui persis nilainya.

“Tahap 1 ini dua unit sumur bor di depan kepala tiyuh satu unit dan satunya di RK 03,saya lupa nilainya, nanti saya coba omongin dengan kepala tiyuh dulu nanti pulangnya,” ucap dia.

Saat disinggung dugaan Mar’up bahkan ditanya sesuai atau tidak bangunan fisik tersebut dengan nilai anggaran yang diperuntukkan, Iyan Permana tidak bisa menjawab dengan maksimal.

“Ya nyatanya seperti itu,” kilahnya.(Reki)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *