Plt Bupati Lampung Selatan Himbau Masyarakat Tidak Panik Terkait Virus Corona

LAMPUNG SELATAN, Media Nusantaranews.com – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengimbau masyarakat tidak panik terkait masuknya virus corona ke Indonesia.

“Saya minta masyarakat Lampung Selatan untuk tetap tenang. Waspada memang perlu, tetapi tidak perlu panik yang berlebihan,” ujar Nanang, di ruang kerjanya, Kamis (5/3/2020).

Meskipun hingga saat ini belum ada laporan terkait warga Lampung Selatan yang terinfeksi virus corona, dirinya mengajak agar masyarakat melakukan upaya antisipasi.

Seperti meningkatkan kesadaran untuk senantiasa menjaga pola hidup bersih dan sehat serta rutin berolahraga. Sehingga daya tahan tubuh meningkat dan terhindar dari virus corona.

“Tetap jaga kesehatan dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat,” pesan Nanang.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah jauh hari mewaspadai ancaman virus corona di daerahnya. Seperti memasang imbauan melalui media luar ruang atau banner dan melalui media sosial.

Ia mengimbau agar masyarakat selalu cuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila batuk atau pilek, mengkonsumsi gizi yang seimbang serta perbanyak makan buah dan sayur.

Masih dalam imbauan Nanang, masyarakat diminta berhati-hati jika melakukan kontak dengan hewan, rajin berolahraga serta istirahat yang cukup.

Lalu tidak mengkonsumsi daging yang belum dimasak, serta apabila mengalami batuk, pilek dan sesak nafas untuk segera memeriksakan ke fasilitas kesehatan terdekat.

Nanang menjelaskan, selain untuk mengedukasi masyarakat terkait cara pencegahan virus corona, upaya tersebut dilakukan supaya masyarakat bisa tetap tenang dan tidak panik terhadap informasi palsu atau hoax yang berkembang terkait virus corona.

Bahkan, secara tegas, dirinya pun telah memerintahkan seluruh kepala OPD termasuk camat dan kepala desa untuk mensosialisasikan cara pencegahan virus corona secara sederhana namun mudah dicerna oleh masyarakat melalui media sosial masing-masing.

“Kita (Pemkab Lampung Selatan) sudah sejak jauh hari melakukan antisipasi terhadap isu virus corona. Diantaranya menyiapkan ruang isolasi khusus di RSUD Bob Bazar. Dan saya sudah cek langsung kesiapannya pada Jumat, 31 Januari 2020 yang lalu,” ujar Nanang.

Meski ruangan isolasi telah disediakan, ia berharap ruangan tersebut tidak terpakai. Dalam arti tidak ada masyarakat Lampung Selatan yang terinfeksi virus corona. Namun setidaknya, pihaknya telah menyiapkan segala kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

“Dari informasi terakhir yang saya dapatkan, lebih dari 50℅ pasien virus corona berhasil disembuhkan. Bahkan dibeberapa negara asia seperti Vietnam, Kamboja, Oman dan Sri Langka, tingkat kesembuhan terkait virus corona mencapai 100 persen,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, dr. Jimmy Baggas Hutapea, MARS, menyatakan, sampai saat ini tidak ada masyarakat Lampung Selatan yang terjangkit atau terinfeksi Corona Virus Disease 19 (Covid-19).

“Mudah-mudahan tidak ada satupun masyarakat Lampung Selatan yang terjangkit virus corona,” ujar Jimmy.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *