PENANGANAN COVID -19, PLT BUPATI MUARA ENIM TELECONFERENCE DENGAN GUBERNUR SUMSEL

Muara Enim
medianusantaranews.com

Berkenaan dengan penanganan darurat siaga bencana non-alam Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah Sumatera Selatan. Plt. Bupati Muara Enim H Juarsah SH bersama Kapores, Dandim, Kajari dan Sekda Muara Enim didampingi oleh Kadinkes dan Staf Ahli Pemkab Muara Enim melakukan konferensi jarak jauh (teleconference) dengan Gubernur H Herman Deru, Pangdam II Sriwijaya, Kapolda dan Ketua DPRD Sumsel guna melakukan membahasan, Kamis Sore (24/03/2020)

Pada kesempatan ini, Plt. Bupati Kabupaten Muara Enim H Juarsah SH melaporkan bahwa hingga saat ini penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Muara Enim sudah dilakukan sesuai prosedur sesuai dengan Keppres Nomor 09 Tahun 2020.

” Pemerintah Kabupaten Muara Enim sudah membentuk gugus tugas hingga tingkat desa, kemudian telah mendirikan posko di tiap kecamatan, khusus posko induk deteksi dini (penentuan ODP atau PDP) berpusat di Puskesmas Kecamatan Muara Enim, sedangkan posko penanganan PDP berada di Islamic Center ” Jelas Juarsah.

Selain itu, Kata Juarsah, RSUD H.M. Rabain juga telah dinyatakan siap menjadi rujukan sementara pasien dengan pengawasan (PDP), Pemkab. Muara Enim juga telah menyiapkan gedung asrama Islamic Center sebagai ruang isolasi rumah sakit darurat bagi PDP.

”  Juga masalah alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis saat ini tersedia 50 unit dan dalam waktu dekat akan ditambah sebanyak 100 unit serta 1000 unit lagi dalam pemesanan. Kemudian untuk para pelajar sudah diberlakukan sekolah di rumah (home learning) dan akan diberlakukan pula penyesuaian sistem kerja pegawai untuk bekerja dari rumah (work from home). Pemkab. Muara Enim juga akan menghimbau hal serupa kepada seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Muara Enim ” Ungkapnya.

Plt Bupati Muara Enim juga menyampaikan bahwa Ketersediaan dan harga bahan pokok masih normal, Pemkab Muara Enim akan terus memantau dan memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok beberapa hari kedepan tetap stabil.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengapresiasi langkah-langkah yang diambil oleh Pemkab. Muara Enim. Ia berpesan untuk menertibkan kegiatan-kegiatan non-produktif, seperti berkumpul di kafetaria dan resepsi pernikahan (bukan akad nikah) serta meminta seluruh Pemerintah daerah untuk mematuhi protokol penanganan Covid-19.

” Kami meminta penekanan disiplin jaga jarak (social distancing) diterapkan dan masing-masing Pemda memastikan stamina warga melalui pengalokasian dana untuk penanganan bencana ” Tegasnya. (Ab)

Laporan : Engghie BN




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *