Ketua Koperasi Mitra Asri Mengundurkan Diri

Banyuasin, medianusantaranews.com

Usai menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-V tahun 2017 Ketua Koperasi Mitra Asri Ir. Eliver Simanjuntak didampingi Sekretaris Norkamto, S.Pd dan Bendahara, Nur Afiana, S.Pd (31/3) dihadapan Badan Pengawas, anggota dan pengurus lainya menyatakan untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai Ketua Koperasi Mitra Asri di Desa Tabuan Asri Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan.

Niat pengunduran dirinya, Eliver Simanjuntak sejak digelarnya rapat anggota luar biasa pada pertengahan tahun 2017 lalu. Dengan berbagai dalih bahwa dirinya sudah tidak mampu melaksanakan tugasnya untuk kepengurusan yang seyogiyanya berakhir tahun 2019 mendatang.

Alasan Eliver mengundurkan diri dari jabatan Ketua bahwa dirinya mengakui ketidakmampuanya untuk memperjuangkan nasib anggotanya terutama dalam kepastian angkat kridit kebun plasma dengan pihak Pt. Hamita Utama Karsa, sehingga masalah itu membuatnya untuk mengundurkan diri.

Eliver Simanjuntak menganggap pihak perusahaan tidak komitmen dalam kerjasamanya, selain terkesan mengulur-ulur waktu untuk angkat kridit juga yang terparah menejemenya perusahaan dianggap tidak sehat, sebab dalam satu tahun saja bisa mengganti Menejer hingga tiga bahkan empat kali.

Maka status anggotanya sebagai peserta plasma hingga saat masih tidak ada kejelasan dan Eliver mengaku menolak menandatangani nilai utang atas nama anggotanya di bank oleh perusahaan. Faktor lain yang memaksa dirinya mengundurkan diri dampak dari mencla-mencle pihak menejemen perusahaan yang menolak setiap diajak pertemuan dengan anggota.

Sebelum diselenggarakan RAT ini saja kata Eliver, Menejer perusahaan diundang via telepon, tapi tidak diangkat, padahal semua telponnya terdengar aktif semua. Jadi dengan berbagai soal selama satu setengah periode menjadi ketua di koperasi mitra Asri didesa Tabuan Asri ini sudah dengan bulat untuk mengundurkan diri, tegasnya.

Dengan mundurnya Eliver, maka badan pengawas koperasi yang diketuai oleh Adnan NR langsung mengadakan pemilihan Ketua Koperasi Mitra Asri yang baru dengan mengajukan tiga nama calon ketua diantaranya 1. Untung, 2. H. Jakso dan 3. Sabda.

Ketiga calon ketua setelah dilakukan pemilihan,nomor urut 1 mendapat 44 suara, nomor 2 mendapat 15 suara dan nomor urut 3 mendapat 24 suara, dan akhirnya Untung terpilih menjadi ketua yang baru koperasi mitra Asri periode 2018-2021.

(waluyo)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *