Isteri Bupati Lampung Selatan Launching Gernas Baku Di Pulau Sebesi

LAMPUNG SELATAN, medianusantaranews.com

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PUAD) Kabupaten Lampung Selatan Jasmine Shahnaz Zainudin melaunching Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) di Pulau Sebesi Kecamatan, Rajabasa, Kamis (3/5).

Bunda PAUD Jasmine Shahnaz Zainudin yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Thomas Amirico, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan Eka Riantina, beserta rombongan, harus menempuh perjalanan laut selama dua jam untuk tiba dilokasi.

Sampai dilokasi rombongan disambut ratusan masyarakat dan anak-anak Pulau Sebesi, yang sedari pagi sudah antusias menunggu kedatangan istri orang nomor satu di kabupaten berjuluk Gerbang Krakatau ini.

Bunda PAUD Jasmine Shahnaz Zainudin mengatakan, upaya meningkatkan budaya literasi dengan membaca buku perlu dilakukan sejak usia dini. Hal itu katanya, bukan hanya merupakan peran pemerintah, tetapi juga orang tua murid sendiri.

“Dengan membaca minimal 15 menit setiap hari, maka anak-anak kita akan lebih maju, akan selalu ada perkembangan didalam hidupnya,” kata Jasmine saat menyampaikan sambutan.

Dirinya menuturkan, perintah untuk membaca merupakan perintah pertama yang diturunkan Allah SWT melalu malaikat Jibril kepada nabi Muhammad Rasulullah SAW berupa “Iqra” (bacalah).

Untuk itu, dia mengimbau, agar orang tua menanamkan kebiasaan membaca kepada anak-anak sejak usia dini (0-5 tahun). Sebab katanya, pada masa inilah orang tua harus mampu memaksimalkan potensi tersebut untuk membentuk anak yang pintar secara akademik maupun baik secara sosial.

“Masa emas bagi seroang anak atau dikenal dengan masa Golden Age adalah masa pertumbuhan otak anak dengan cepat, dan juga anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Memang awalnya sulit, tetapi jika kita biasakan rutinitas ini (membaca) sekali dua kali, Insya Allah anak-anak kita pengetahuannya luas,” ujarnya.

Senada dikatakan Kepala Dinas Pendidikan, Thomas Amirico, melalui sosialisasi program Gernas Baku tersebut, ia berharap masyarakat Lampung Selatan, khususnya yang ada dipulau Sebesi dapat membiasakan aktivitas membaca buku, minimal 15 menit setiap hari.

“Membaca adalah membuka jendela dunia, artinya dengan membaca kita dapat menambah wawasan dan keilmuan kita,” ujar mantan Kadispora Lampung Selatan ini.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *