Begini Komentar Sri Mulyani Terkait Anggaran Provinsi Lampung

#Mulai Seru Uang Beredar di Lampung#

Jakarta,medianusantaranews.com-Setelah hasil kunjungan Presiden RI Jokowi yang langsung datang ke Provinsi Lampung untuk melihat langsung keadaan jalanan di Lampung yang rusak parah membuat Mentri Keuangan RI Sri Mulyani geram.

Dalam cuitan di akun IG nya Sri Mulyani membeberkan semua data-data anggaran APBD Provinsi Lampung yang berasal dari APBN , Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kemudian merilis rincian anggaran pembangunan jalan, baik tol maupun non-tol, di Lampung berikut sumber dananya.

Secara garis besar, anggaran pembangunan jalan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Tahukah kamu berapa jumlah APBN dan APBD serta instrumen Keuangan Negara yang dialokasikan untuk pembangunan jalan di Lampung dan Sumatera?” tutur dia di akun Instagram-nya.

Berikut rinciannya versi Sri Mulyani : APBN Belanja Kementerian/Lembaga PUPR (Rp 588,7 M). Belanja kementerian /lembaga (K/L) PUPR untuk bangunan dan pemeliharaan jalan nasional 2023 dialokasikan Rp588,7 miliar dan sudah terealisasi Rp81,6 miliar hingga 2 Mei 2023. “Realisasi tahun 2022 sendiri mencapai Rp508,1 miliar,” tulis Sri Mulyani dalam unggahannya.

Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Jalan Tahun 2023 (Rp 402,44 M). Ada transfer dana dari Pusat ke Pemda untuk pembangunan jalan atau Dana Alokasi Khusus (DAK Fisik) 2023 provinsi/ kabupaten/ kota seluruh Lampung sebesar Rp 402,44 miliar untuk jalan sepanjang 231,9 km. Tol Sumatera yang melintasi Provinsi Lampung (Rp 48,27 T).

Ada dua ruas jalan tol yang melintasi Provinsi Lampung yakni : Bakauheni-Terbanggi Besar (140 km) dengan anggaran dari dukungan pemerintah dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp 2,2 triliun dan Jaminan Pemerintah Rp 22,09 triliun. Selain itu, anggaran pembebasan lahan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Rp 3,75 triliun.

Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (189 km) dengan anggaran dari PMN Rp 4 triliun dan Jaminan Pemerintah Rp 14,37 triliun.

Anggaran pembebasan lahan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Rp1,86 triliun. Sebagai catatan, jalan tol ini tak cuma melintasi provinsi Lampung. Beberapa ruas jalan yang dipaparkan Menkeu juga masuk wilayah Sumatera Selatan.

APBD seluruh pemda di Lampung, Menkeu mengungkap Anggaran Untuk Program Penyelenggaraan Jalan APBD 2023 Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh Lampung mencapai Rp2,16 triliun.

Sementara, anggaran jalan di Provinsi jika sendiri mencapai Rp886,8 miliar. Secara keseluruhan, anggaran jalan di seluruh pemda di Lampung mencapai Rp3,04 triliun.(Red/Azakih Harosih/Andri).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *