Smk N 1 Lubuk Basung Peringati Maulid Nabi SAW

Agam,medianusantaranews.com- Pada 28 September 2023, ummat muslim di dunia gelar peringatan Maulid Nabi SAW sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad yang jatuh pada 13 Rabiul Awal 1445 H.

Di Indonesia, peringatan Maulid Nabi biasa dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat, mulai dari lingkungan RT, sekolah, hingga instansi Pemerintahan.

Untuk kesempatan ini SMKN 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam Provinsi Sumbar juga gelar peringatan Maulid Nabi SAW pada hari jum’at jam 08.00 wib s/d selesai, (29/9/2023) diselenggarakan di Masjid Komplek kampus.

Ka. SMKN 1 Lubuk Basung Ratnawilis, S.Pd, M.Si saat diminta mengomentari oleh medianusantaranews.com terkait kegiatan Maulid Nabi di sekolah sendiri dikatakan yang biasanya digelar dengan berbagai acara bernuansa Islami.

“Tujuanya digelar di sekolah agar para siswa bisa meneladani sifat-sifat terpuji Nabi Muhammad SAW sebagai makhluk Allah yang paling mulia”, jelasnya.

 

Jalanya peringatan tersebut juga digelar lomba pidato, hal itu meningkatkan kepercayaan diri dan lomba itu juga bisa menjadi ajang latihan berdakwah. Di sekolah khusus Islam, bahkan untuk lomba pidato dilakukan menggunakan bahasa Arab.

Berikutnya yang juga di selenggarakan di sekolah yaitu Tausiyah atau ceramah yang di sampaikan oleh ustad yang materinya keagamaan,baik tentang seputar perjalanan Nabi Muhammad atau pentingnya meneladani akhlak beliau.

kegiatan shalawatan yang dapat menambah kecintaan para siswa kepada Rasulullah SAW. Melalui kegiatan ini juga, para siswa dapat berlatih untuk terbiasa mengamalkan shalawat secara rutin.

Lomba Adzan, setiap siswa dapat menunjukkan bakatnya dengan mengikuti lomba azan ini. Dengan adanya lomba ini, siswa dapat berlatih untuk mengumandangkan adzan yang nantinya dapat dipraktekkan di lingkungan rumahnya.

kegiatan Maulid Nabi di sekolah yang bisa dilakukan adalah kajian agama. Kegiatan ini sangat sederhana namun sarat akan makna. Dengan melakukan kegiatan ini, para siswa memiliki sebuah wadah untuk bertukar pikiran berbagi pengetahuan.Tutupnya (adv/MNN/Fero)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *