DUNIA PENDIDIKAN PALI SEMAKIN CEMERLANG, TAHUN 2019 DIANGGARAN RP 1,4 MILIAR UNTUK PENDIDIKAN TINGGI

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
medianusantaranews.com

Pemkab PALI – Sumatera Selatan akan terus meningkatkan pembangunan dibidang pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) di Bumi Serepat Serasan.

Olehnya, Perhatian Pemkab PALI terhadap dunia pendidikan, bukan cuma sebatas pendidikan dasar dan menengah, tapi juga untuk pendidikan tinggi.

Pada tahun anggaran 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan akan mengalokasikan dana sebesar
Rp.1,4 miliar untuk beasiswa pendidikan tinggi. 

” Semoga beasiswa ini dapat dimenfaatkan sebaik mungkin, sebagai peluang bagi kalangan pelajar di Kabupaten PALI meraih pendidikan yang lebih tinggi ” Ucap Bupati Kabupaten  PALI Ir. H.Heri Amalindo usai pengesahan RAPBD PALI tahun 2019.

” Tentunya Beasiswa ini akan disambut senang dikalangan pelajar yang kini masih duduk di sekolah menengah atas maupun Mahasiswa asal PALI ” Imbuhnya.

Dikatakannya bahwa RAPBD PALI tahun 2019, prioritas anggaran 2019 adalah upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM), kesehatan, kesejahteraan masyaraat, dan infrastruktur pemerintah daerah.

“Untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan tinggal sebagian kecil lagi, Tahun 2019 kita mulai pembanguan infratruktur gedung DPRD dan perkantoran”

Selain itu kata dia,  pada RAPBD 2019, lebih fokus untuk peningkatan SDM. Salah satunya di anggarkan 1, 4 M untuk beasiswa. Ini merupakan upaya pemerintah mendorong masyarakat melanjutkan pendidikan tinggi.

Sejalan dengan program ini, Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Dalam setiap unjungan kerjanya ke desa. Dia kerap menggaungkan pentingnya pendidikan bagi anak anak di Kabupaten PALI.

Dan hal ini diulanginya lagi ketika menghadiri peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardi￾knas) pada 2 Mei 2018 yang dipusatkan di SMA Negeri I Abab di Desa Betung Kecamatan Abab.

Suami Ir Sri Kustina ini, selallu mendorong dan memotivasi pelajar agar terus bersemangat mengejar prestasi dalam belajar, menfaatkan pasilitas yang sudah disiapkan Pemerintah. Walaupun umur Kabupaten PALI baru jalan 6 tahun, tapi pelajar di Kabupaten PALI harus memiliki SDM yang mampu bersaing.

“Kita harus berprestasi. Tidak ada alasan untuk tidak berprestasi. Meskipun sekolah ada di desa dan pelosok, namun kita  harus mimiliki berprestasi kota. Kita buktikan bahwa kita warga Kabupaten PALI mampu untuk berprestasi, yang penting itu anak anak Kabupaten PALI memiliki keinginan untuk maju dan prestasi, itu modal utamanya ” Ucap Heri

” Kami selaku Pemerintah siap
mendukung penuh, keinginan anak-anakku yang ingin berprestasi, ” tegasnya.

Begitu juga ketika Heri Amalindo menghadiri Pengukuhan Pengurus
Himpunan Mahasiswa asal Kabupaten PALI (HIMAPALI) 2018 di Gedung Orkes Pendopo baru baru ini.

Dia mengajak Mahasiswa PALI untuk fokus belajar dan mengukir prestasi di perguruan tinggi masing-masing.
Dirinya mengingatkan agar mahasiswa asal PALI bersatu padu menjalin kekerabatan yang solid, yang akan membawa kemajuan di Bumi Serepat Serasan kedepan. Karena dikesempatan lain lanjutnya, Pemkab PALI akan mewacanakan menciptakan lapangan kerja untuk generasi muda Kabupaten PALI yang sudah siap bekerja.

Menurut Heri lagi,bahwa anggaran 1,4 M untuk beasiswa pendidikan tinggi,Pemkab PALI telah melakukan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan pihak perusahaan yang beroperasional diwilayah PALI agar mengalokasikan dana CSR (Corprate Social Responsibility) dalam bentuk pembanggunan Balai Latihan Kerja (BLK).

“Mudah-mudahan tahun 2019 sudah mulai pengerjaannya, sehingga Kabupaten PALI memiliki Balai Latihan kerja (BLK). BLK ini akan menjadi tempat pemuda PALI memperoleh ketrampilan sehingga bisa membuka peluang kerja bagi generasi muda PALI,” Tuturnya.

Pada Pengukuhan Pengurus Himpunan Mahasiswa asal Kabupaten PALI (HIMAPALI) 2018 yang baru lalu, Bupati Kabupaten PALI Ir H Heri Amalindo MM didampingi Sekda H Syahron Nazil bersama Ketua DPRD PALI Soemarjono dan pimpinn DPRD PALI, Devi Hariyanto dan Darmadi Suhaimi, Plt Kepala Dinas Pendidikan PALI Kamriadi Burlian SPd MPd, serta Pengurus Himpunan Mahasiswa PALI.se usai mengesahkan RAPBD PALI 2019, berikut mempersiapkan juknis anggarkan 1, 4 M untuk beasiswa ini.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten PALI, Kamriadi SPd MPd menuturkan bahwa akan di siapkan juknisnya mengenai pengalokasian dana Rp 1,4 Miliar pada tahun 2019 ini.Tentunya kata dia, nantinya ada petunjuk teknisnya melalui Perbup (Peraturan Bupati). Dalam hal ini akan ada kriteria penerima beasiswa tersebut. Intinya beasiswa itu mendorong masyarakat PALI untuk melanjutkan pendidikan tinggi yang pada akhirnya akan meningkatkan kwalitas SDM PALI, ini juga akan mendorong dan memotivasi para Pelajar di Kabupaten PALI untuk memiliki demangat bersekolah ” Terang Kamri

Senada juga disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten PALI, Yunita Arifin, S.H.M.H. diungkapkannya bahwa masalah pendidikan di Kabupaten PALI, para pelajar juga akan diajari hukum lebih dini, akan ada Kejaksaan Program Jaksa Masuk Sekolah.

” Saat kami sosialisasi hukum ke sekolah-sekolah di wilayah PALI,
kami melihat dan mendengar semangat dari para pelajar untuk bersungguh-sungguh sekolah. Kami juga melihat potensi yang besar dari pelajar PALI. Dukungan beasiswa dari Pemda PALI sangat bagus untuk mendukung harapan pelajar PALI menempuh pendidian tinggi, terutama dari kalangan menengah ke bawah. ” Tutur Kejari.

Sedangkan Ketua DPRD Kabupaten PALI, Drs.H. Soemarjono, terkait program ini, disampaikannya bahwa program ini akan lebih diprioritaskan kepada anak anak pelajar PALI yang berprestasi.

” Diharapkan program ini, akan lebih diprioritaskan kepada anak anak pelajar PALI yang berprestasi. Secara lembaga maupun pribadi saya sangat setuju dengan alokasi beasiswa untuk pendidikan tinggi. Ini ” 

Lanjut Sumarjono, ini juga sejalan dengan harapan masyarakat yang kerap disampaikan ke dewan. Kita harap anak berprestasi bisa diprioriatskan mendapat beasiswa ini. Berprestasi bidang apapun, bisa akademik, olahraga, seni, literasi, dan bidang lainnya.

” Dengan demikian, pelajar PALI akan makin berkompetisi untuk berprestasi. ”  Ujar Sumarjono.

Berkenaan hal ini, Riyan Sanjaya, seorang pelajar PALI yang meraih Juara I Esai II HUT PALI 2018 lalu, dia memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemkab PALI dan DPRD kabupaten PALI atas terealisasinya program ini, terkhusus kepada Bupati Kabupaten PALI Ir H Heri Amalindo MM. Dengan penu suka cita ia luapkan kegembiraannyam

“Impian Saya Terwujud,, Wah impian saya terwujud. Dari dulu saya mengImpiankan itu. Syukur Pemkab PALI sudah mengalokasikan beasiswa bagi masyarakat PALI” Ucap Riyan.

” Saya sangat bangga memiliki pemimpin seperti Heri Amalindo, karena saat saya menjadi Juara I Lomba Menulis Esai II, saya diberikan kesempatan berhak mendapat hadiah Keliling Eropa. Hal ini semakin memotivasi saya, semoga ini juga diikuti oleh teman teman pelajar PALI lainnya untuk terus mengejar ptestasi ” Pungkasnya. (Ab)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *