Jelang Berbuka Puasa, Kota Baturaja Porak-Poranda

Medianusantaranews.com, (Baturaja)- Lagi sial dialami sebagian warga dalam  wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan, jelang berbuka puasa pada Sabtu 17 April 2021 kemarin petang vasilitas umum (vasum) dan rumah warga yang porak-poranda akibat disapu angin puting beliung yang dan hujan deras disertai dentuman suara petir.

Amukan alam melalui hujan deras serta angin puting beliung tersebut membuat banyak pohon besar sebagai pelindung yang roboh berada Kecamatan Baturaja Barat, menutup ruas jalan penghubung utama dari Kabupaten OKU menuju Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS).

Pohon pelindung berukuran besar itu roboh selain menimpa jaringan listrik dan padam, dampak lain membuat arus lalulintas kendaraan dari dua arah didua Kabupaten tersebut mengalami macet total.

Bencana angin puting beliung dan hujan deras itu bukan hanya menumbangkan pohon besar saja, melainkan ada rumah warga di wilayah itu ikut Porak-Poranda, kata Edi warga setempat yang dilokasi.

Menurutnya, dari musibah alam angin puting beliung ini selain terjadi dalam wilayah Baturaja Barat juga terjadi diwilayah Baturaja Timur sama parah kerusakanya.

” Dalam insiden itu yang saya dengar tak ada korban jiwa, tetapi kalau kerugian materi banyak yang memprediksi hingga ratusan juta rupiah ada, karena ada rumah warga yang rusak parah, belum kerugian kerusakan jaringan PLN yang tertumpah pohon besar itu”, jelasnya seraya melanjutkan membuka jalan bersama warga lainya.

Dari data yang dihimpun yang dilangsir Danramil 403-12/Bta yang dilaporkan usaikejadia sekira pukul 17.30 s/d 18.00 wib telah terjadi Bencana Alam Angin Puting beliung yang mengakibatkan robohnya pohon Besar yang berada di pinggir Jalan sehingga menutupi badan jalan dan memutuskan Aliran listrik di wilayah koramil 403-12/Bta.

Yang dilaporkan dalam musibah angin puting beliung merupakan bencana alam terdapat di Desa Laya Kecamatan Baturaja Barat terdapat di Jalan Poros Baturaja – Muara Dua itu terhambat dari robohnya batang Pohon Besar.

Kemudian rusaknya salah satu Rumah warga yang kerugian Materiil masih dalam penyidikan petugas terkait.

Yang lebih parah lagi terjadi ada di Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur yang dilokasi Depan City Mall Baturaja dengan robohnya batang Pohon besar dan di Desa Tanjung Baru depan SD Islam Fatona juga ada Roboh Batang Pohon.

Informasi yang didapat dari lain sumber bahwa akibat kejadian itu menutup akses Jalan macet total dari Baturaja menuju Muara Dua sampai malam hari selain itu aliran listrik untuk wilayah Kecamatan Baturaja Barat masih Padam

Aparat terkait dibantu warga setempat memindahkan dan membersihkan Batang Pohon yang menghalangi jalan sampai sampai malam masih terus berlangsung.

Tiba dilokasi bencana terlihat Kapolres OKU dan Unsur Uspika langsung di Desa Tanjung Baru bersama BPBD, Petugas Pemadam Kebakaran, PLN Cabang Baturaja, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta warga setempat menggunakan Chainsaw untuk memotong motong batang pohon yang menghalangi ruas jalan termasuk yang menimpah rumah warga.(mnn/Jim/krew)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *