Satreskrim Polsek Negara Batin Berhasil Sikat Terduga Curat

Way Kanan,medianusantaranews.com-Polsek Negara Batin Polres Way Kanan Polda Lampung berhasil mengamankan diduga pelaku curat (pencurian dengan pemberatan) Uang ratusan juta rupiah terjadi di Blok C Kampung Bumi Jaya Kecamatan Negara Batin Kabupaten Way Kanan. Selasa (04/04/2023).

Tersangka yang berhasil diamankan inisial SD (30) warga yang berdomisili di Gunung Sulah Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung.

Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna melalui Kapolsek Negara Batin Iptu Pariang Marganda mengatakan kronologis kejadian pada hari Sabtu tanggal 01 April 2023 sekitar pukul 09.00 WIB, pelapor atas nama Dasar Santoso dan istrinya berangkat kesekolah SD di Negara Batin untuk melaksanakan rapat.

Sementara anak perempuan pelapor Ela berangkat untuk ngajar di SMP Negara Batin dan yang tinggal dirumah anak laki laki pelapor.

Kemudian sekitar pukul 11.45 WIB Ela pulang dari sekolah, sedangkan pelapor dan istrinya baru pulang 1 jam setelah Ela.

Setibanya di rumah, Santoso langsung Salat Dzuhur dan istrinya membuka kamar yang posisinya terkunci, sontak terkejut dan menjerit melihat keadaan kamar korban yang berantakan, lemari dan pentilasi jendela dalam keadaan rusak.

Modus operandi pelaku masuk kedalam rumah korban dengan merusak pentilasi jendela, kemudian masuk kamar dan mengambil uang tunai yang disimpan oleh korban dibawah kolong ranjang Rp 100 juta.

Tak hanya itu, pelaku juga merusak lemari korban dan mengambil uang sekitar Rp 11 juta, usai itu pelaku keluar melalui pentilasi jendela yang dirusak.

Akibat kejadian itu korban membuat laporan kejadian ke Polsek Negara Batin untuk ditindaklanjuti.

Dijelaskan Kapolsek, untuk kronologis penangkapan pada hari Sabtu tanggal 01 April 2023 setelah menerima laporan dari korban petugas Polsek Negera Batin melakukan olah tempat kejadian perkara(TKP).

Hasilnya dari Tekab 308 PRESISI Polsek Negara Batin mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada yang melihat seorang laki-laki yang mencurigakan melalui rekaman CCTV yang berada di seputaran TKP pada saat kejadian.

Berdasarkan data itu petugas melakukan penyelidikan dan pengejaran ke Bandar Lampung, kemudian pada hari Senin tanggal 03 April 2023 sekitar pukul 09.00 Wib petugas Polsek Negara Batin dapat informasi TSK berada di Bambu Kuning saat menuju kelokasi pelaku sudah tidak ada ditempat.

Akhirnya petugas melakukan hunting dan diduga pelaku berhasil ditangkap pada pukul 14.00 WIB pada hari Senin (03/04/2023) saat berada di salah satu Bank Swasta di Antasari Bandar Lampung tanpa perlawanan.

Selanjutnya petugas mengamankan TSK dan barang bukti Uang sekitar Rp 46. juta dan Tas jenis ransel sebanyak 324 buah dan sandal sebanyak 179 pasang untuk dibawa ke Polsek Negara Batin guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Atas perbuatanya pelaku dapat diancam dengan pasal 363 KUHP tentang curat dengan hukuman penjara maksimal 7 tahun,” kata Pariang.(Mnn/Ardiansyah)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *