EFRAN MEMILIKI PELUANG BESAR MEMENANGKAN KOMPETISI PEMILIHAN KETUA IWO SUMSEL

PALI – Sumatera Selatan

medianusantaranews.com

Tidak lama lagi akan dilaksanakan pemilihan Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Sumatera Selatan periode 2022-2027,

Saat ini yang menakhodai IWO Sumsel adalah Sonny Kushardian

Untuk periode kedepan banyak harapan yang datang dari sejumlah jurnalis yang tergabung di Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Sumsel agar Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumsel semakin baik

Pada pemilihan Ketua IWO Sumsel periode 2022-2027, saat ini dikabarkan hanya ada dua calon ketua IWO Sumsel yang sudah menyatakan diri siap, yakni Efran, yang saat ini sebagai Ketua IWO Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan Ardhy Fitriansyah, yang saat ini merupakan Bendahara IWO Provinsi Sumsel.

Efran sendiri yang bakal mengikuti kompetisi pemilihan Ketua IWO Sumsel periode 2022 -2023 mengatakan dirinya sudah merasa siap lahir dan batin untuk menjadi nakhoda IWO Sumsel pada periode kedepan kalau mendapat amanah dan didukungan oleh jurnalis IWO di Provinsi Sumsel.

” Saya sangat siap lahir batin untuk menakhodai IWO Sumsel periode kedepan kalau mendapat amanah dan dukungan dari kawan IWO Sumsel, ” kata Efran, Minggu (28/05/2023).

Sementara itu, Efran yang saat ini menakhodai Ikatan Wartawan Indonesia Kabupaten PALI juga mendapat dukungan dari personil IWO Kabupaten PALI dan juga dari sesama rekan jurnalisnya di Kabupaten PALI.

Sejumlah simpatisan dan wartawan di PALI memberikan motivasi agar Efran bisa memenangkan pemilihan Ketua IWO Sumsel.

Dukungan dan motivasi kepada Efran, bukan cuma datang dari insan jurnalis tapi juga dari para aktivis, tokoh serta pejabat di Kabupaten PALI.

Diantaranya datang dari Ketua DPRD PALI, H Asri AG.

Terkait pencalonan Efran pada pemilihan Ketua IWO Sumsel, menurut Asri, sebagai mitra dalam membangun daerah, IWO PALI di bawah kepemimpinan Efran, selama ini sudah sangat baik menjadi lembaga penyeimbang di PALI, yang tetap konsisten membantu ide dan gagasan untuk membangun Kabupaten PALI.

Tentunya, lanjut Asri, kiat kerja positif Efran di PALI melalui lembaga IWO yang dipimpinnya selama ini, sudah mewarnai di wilayah kabupaten PALI. Bila kemudian dalam pekan ini, Efran ikut dalam kompetisi ketua IWO Sumsel, menurut Asri, langkah itu merupakan hal positif.

Orang nomor satu di jajaran perlemen Kabupaten PALI ini berharap dengan masuknya Efran, dirinya berharap Efran bisa memenangi dalam kompetisi ini, dengan ruang lingkup provinsi Sumsel berarti ide dan gagasan Efran, akan lebih luas lagi.

“Kita berharap, sebagai warga PALI, saya secara pribadi dan lembaga, tentu berharap, Bung Efran menjadi yang terbaik dan berhasil duduk di ketua IWO Sumsel” harap Asri ketika dimintai tanggapannya,mengenai akan ikutnya Efran dalam kompetisi Ketua IWO Sumsel yang akan dilaksanakan melalui Musyawarah Bersama Wilayah (Mubeswil) IWO Sumsel, Minggu (28/03/2023)

” Kalau Bung Efran di IWO Sumsel, ide dan gagasan yang selama ini hanya di wilayah Kabupaten PALI, insya Alllah akan menjangkau lebih luas di Sumsel,” imbuhnya

Lebih lanjut, Asri megungkapkan, sosok Efran sebagai wartawan di PALI, dengan berita yang ditulis selama ini, selalu mengedepankan obyektifitas dan konsisten menulis berita tentang pembangunan di PALI, baik yang sifatnya keberhasilan atau juga mengeritisi pembangunan dan kebijakan di Kabupaten PALI.

“Saya membaca berita yang ditulis Bung Efran itu obyektif. Kalau memang kondisi riil-nya baik, ya ditulis baik. Tapi kalau ada yang kurang, ya ditulis kurang, sebagai kritik media terhadap kebijakan dan pembangunan di PALI. Maksud saya, tulisan atau beritanya tidak ada tendensi apapun, kecuali untuk kebaikan pembangunan di PALI,” kata Asri.

Harapan dan dukungan juga disampaikan dari Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) PALI, Hendri.

Rekan se-profesi Efran ini menilai bahwa Efran yang merupakan jurnalis dikabupaten PALI yang sosok jurnalisnya penuh ide dan gagasan.

” Selama memimpin IWO PALI, menurut saya, Efran sangat banyak terobosan dan gagasan yang telah dilakukannya, terutama yang berkaitan dengan dunia wartawan,” ujar Hendri

Seperti halnya, kata Hendri, beberapa bulan lalu, di bawah kepemimpinan Efran, IWO PALI menjadi pengagas dan pelaksana pelatihan jurnalis di PALI yang pertama kali.

“Menurut saya event itu yang pertama kali di PALI,” tulisnya di WA yang disampaikan tadi malam, terkait dengan pencalonan Efran dalam Mubeswil IWO Sumsel 2023.

Sambung Hendri, dengan sejulah kegiatan IWO PALI yang sudah digelar di PALI, Hendri meyakinkan, Efran di IWO Sumsel, akan banyak memberi kontribusi pemikiran dan perubahan bagi IWO Sumsel dan jajarannya.

“Saya yakin dan percaya, apabila saudara Efran menjadi ketua nanti, akan banyak terobosan dan gagasan untuk memajukan IWO Sumsel,” tukasnya opotimis.

Senada juga diungkapkan Habibi M Aridi, S.Kom, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) PALI. Menurut Habibi sosok Efran merupakan wartawan yang luar biasa. Solidaritas terhadap kawan-kawan wartawan yang melekat pada diri Efran demikian kuat.

” Sudah sangat wajar dan layak apabila, Efran maju dalam kompetisi calon Ketua IWO Sumsel. Karena saya menilai
Saudara Efran luar biasa. Jiwa sosialnya tinggi. Pembelaan terhadap kawan sesama satu profesi luar biasa. Jadi sudah wajar bila kemudian ia mau menuju IWO Sumsel,” terang alumus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah ini, Sabtu (27/05/2023).

Habibi menambahkan sebagai manusia biasa, tentunya Efran dan siapapun, masih ada kekurangan atau kekhilafan. Hal itu merupakan bumbu kehidupan manusia, yang tak lepas dari pahala dan dosa.

“Manusia tak lepas dari pahala dan dosa, baik dan buruk. Hal itu manusiawi. Yang penting ke inginan untuk lebih baik sudah di niatkan oleh beliau,” ujar Habibi.

Tanggapan lain juga disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten PALI, M. Anasrul, DN, S.Pd,

Secara lembaga dan pribadi, Anas tidak ingin masuk lebih dalam terhadap kompetisi Ketua IWO Sumsel.

“Saya tidak ingin terlibat terlalu jauh ke internal IWO Sumsel, sebab IWO punya mekanisme sendiri dalam proses pemilihan ketua,” katanya, Sabtu, (27/05/2023)

Pria yang akrab disapa Anas ini mengatakan siapapun punya hak untuk ikut dalam kompetisi calon ketua organisasi, termasuk Efran, di perhelatan persaingan calon Ketua IWO Sumsel. Sebagai rekan satu profesi, Anas secara pribadi berbangga hati, karena sosok Efran, yang putra daerah asal PALI, akan ikut bersaing kompetisi calon Ketua IWO Sumsel.

“Saya cukup berbangga hati, karena salah satu putra asli PALI, dalam hal ini saudara Efran, maju untuk berkompetisi di calon Ketua IWO Sumsel,” kata mantan Ketua KNPI PALI ini.

” Ada lebih dan kurang dalam diri Efran itu hal biasa dan manusiawi. Sebab menurut Anas tidak ada manusia yang sempurna. Namun, dengan segala kekurangan dan kelebihan itu, Efran juga akan mendapat hal terbaik di kepemimpinan IWO Sumsel. “Ada kurang, ada lebih, ya itu manusiawi dalam setiap diri manusia. Tapi, dengan semua kekurangan dan kelebihan itu, semoga Bung Efran mendapat hal terbaik dengan apa yang diharapkan,” tutup Anas. (Angghie)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *