Eo Parira Ngaku Ada “Awak Media” Bekingi Kades Se-Kabupaten Lahat Jalan-Jalan

#Berdalih Bimtek Di Lombok dan Bali#

Lahat,medianusantaranews.com- Sedikitnya ada ratusan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan diberangkatkan untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) ke wilayah Lombok NTB, Selasa (30/5/2023).

Dalam kegiatan Bimtek itu ada yang menilai janggal, pasalnya anggaran yang disediakan Rp 17 juta per Kades selama kegiatan 10 hari termasuk perjalanan ke Lombok dan Bali.

Yang diherankan sumber pada pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Lahat yang beranggapan hal yang tidak wajar, karena giat Bimtek itu rutin dilakukan setiap tahun oleh para Kades di Kabupaten Lahat ini, sedang sepulang dari kegiatanya itu tidak ada hasilnya yang bisa diimplementasikan kedesanya masing-masing, ungkapnya.

Oleh karena itu sewajarnya jika Bimtek para Kades se-Kabupaten lahat itu dinilai hanya sekedar topeng bagi para Kades untuk jalan-jalan dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD), imbuhnya.

Sementara Dahlia dari EO Parira, yang bertanggungjawab memberangkat para Kades dari 9 Kecamatan di Kabupaten Lahat rencana 8 Juni 2023 mengaku telah dianggarkan Rp 17 juta perkades hanya segitu angka yang sangat wajar.

“Anggaran segitu sudah seluruhnya, dari seragam, hotel dan studytour di Bali dan kami pun mendatangkan narasumber dari Kapolres, Kajari dan PWI Lahat,” ujarnya melalui telpon.

Beliau tidak menanggapi pertanyaan awak media terkait isu orang media jadi beaking Kades untuk kegiatan Bimtek ke wilayah Lombok, bahkan Dia katakan tidak setuju bahwa dari kegiatan itu tak menghasilkan apa-apa bagi Kades untuk kegiatan didesanya, apalagi dikatakan hanya sekedar jalan-jalan saja.

“Kami merangkul semua pihak termasuk orang media di Kabupaten Lahat saat ini bertujuan untuk mengangkat nama ayuk agar dikenal di Kabupaten Lahat,” kata Dia saat ditanya wartawan karena ada isu seperti yang dibeberkan diatas.

Untuk anggaran yang dirasa mahal oleh dirinya dituturkan bahwa masih wajar, mengingat transportasi para Kades disitu semua, nilai segitu tidak ada apa-apanya.

“Kami memang merangkul 9 kecamatan di Lahat untuk Bimtek ke Lombok ini, tapi tidak full, karena ada Kades yang tidak mengganggarkan,” katanya.

Informasi yang di dapat bahwa yang memberangkatkan Bimtek Kades ke Lombok ada 3 perusahaan diantaranya dari Cv. Parira, Peraja dan LCC. Untuk dua CV. Peraja dan Lcc sudah berangkat hari Sabtu (27/05/23) malam menuju Bandara Sultan Mahumud Badarudin II Pelambang untuk terbang dihari Minggu pagi”,ucap salah satu Kades yang enggan disebut namanya yang¬† diberangkatkan melalui Cv. Peraja ketika itu.

Sementara, EO Peraja Dedi saat diminta konfimasinya membenarkan pihaknya sudah memberangkat beberpa Kades ke Lombok dalam rangka Bimtek. “Ya benar ada tiga Cv yang sudah lakukan kerjama untuk laksanakan Bimtek bagi Kades dari 24 Kecamatan di Kabupeten Lahat”, ucap Dedi menutup penjelasanya.(MNN/SMSI Lahat)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *