Harganas Ke-30 di Banyuasin Dihadiri Wakil Presiden RI

Banyuasin,medianusantaranews.com– Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke – 30 yang diadakan di Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, tepatnya di halaman Kantor Bupati Banyuasin, Jalan Lingkar Sekojo Nomor 1 Kedondong Raya, dihadiri langsung Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin, Kamis (6/7/2023).

Kedatangan Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono WS, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Robikin Emhas, dan Arif Rahmansyah Marbun serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma dan Sukriansyah

Turut hadir, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Riyco Amehza Daniel, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Kukuh S Achmad, Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Aris Marfai, Gubernur Sumsel H Herman Deru, Bupati Banyuasin H Askolani, serta Walikota dan Bupati seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan itu, KH Ma’ruf Amin mengatakan keluarga adalah aktor kunci dalam mengatasi stunting, oleh karena itu dirinya berharap agar keluarga memiliki kesadaran tinggi untuk memprioritaskan akan pentingnya asupan gizi bagi anak -anak sebagai generasi penerus bangsa.

Ma’ruf mengingatkan, masalah stunting bukan semata persoalan tinggi badan, namun yang lebih buruk adalah dampaknya terhadap kualitas hidup individu akibat munculnya penyakit kronis, ketertinggalan dalam kecerdasan, dan kalah dalam persaingan.

“Anak stunting memiliki badan dan otak yang stunting. Anak stunting memiliki kehidupan yang stunting pula. Oleh sebab itu, kita mesti serius melakukan upaya menurunkan angka stunting di negara kita,” tegasnya.

Terkait makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan keluarga, dirinya menyampaikan bahwa Indonesia sangat kaya akan potensi pangan lokal. Oleh karena itu, Ma’ruf meminta potensi tersebut harus dioptimalkan pemanfaatannya mulai dari tingkat keluarga.

“Bagi keluarga yang memiliki anak remaja, agar dipastikan remaja kita mempunyai perilaku hidup dan pergaulan yang sehat,” imbaunya.

Lebih lanjut Ma’ruf Amin berharap agar keluarga Indonesia terus memperkaya pengetahuan tentang pemenuhan gizi dan pengasuhan anak agar optimal.

“Saya minta petugas kesehatan untuk menyediakan informasi yang mudah dipahami dan lengkap terkait hal tersebut, baik secara langsung maupun melalui portal-portal digital,” tambahnya.

Diakhir sambutannya, dirinya berpesan agar seluruh keluarga Indonesia terus meningkatkan peran untuk mewujudkan Indonesia bebas dari stunting.

“Pada peringatan Harganas ke-30 ini, saya titip kepada seluruh keluarga Indonesia untuk terus memperkokoh peranan keluarga dalam mencetak generasi penerus yang bebas stunting, fisiknya, mentalnya maupun kehidupannya. Kelak mereka menjadi generasi yang mampu mengguncang dunia, seperti yang diucapkan Presiden Soekarno,” pungkasnya.(MNN/adv)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *