Pasca Lebaran di Betung Sampah Dibiarkan Menggunung

Banyuasin,medianusantaranews.com- Mulai jadi pemandangan yang tidak elok tumpukan sampah terlihat di sepanjang jalan dalam Kota Betung Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan pasca Lebaran Idhul Fitri 1445 Hijriyah yang terkesan dibiarkan menggunung.

Menurut penjelasan pemilik usaha toko, biasanya sampah dari usaha kami oleh petugas setiap sepekan sekali diangkut, namun ini tumpukan sampah ini sudah lebih dua pekan masih belum diangkut.

Untuk uang kebersihan ditempat usaha kami setiap bulan bayar Rp 150 ribu, tapi entah apa penyebabnya sampai sampah didepan usaha kami dibiarkan numpuk begitu, karena sejak sepekan sebelum hari lebaran dan hingga saat ini masih belum ada terlihat petugas kebersihan yang mengangkut sampah”, ucap Leon (bukan nama aslinya) saat berbincang dengan wartawan media ini (16/4/2024).

Dikatakan Leon, dari menjelang lebaran hingga pasca lebaran usaha kami buka 24 jam full dan sejak saat itu hingga saat ini para pemudik masih banyak mampir ditempat usaha kami, selain untuk jajan juga dimanfaatkan untuk berisitirahat. Hal itu efeknya penumpukan sampahnya pun meningkat.

Seyogyanya petugas kebersihan untuk di kota Betung berliburnya tak disamakan dengan hari libur kerja para pegawai, sebab masalah Sampah ini kan sensitif, tidak diangkut dalam sepekan sudah menimbulkan aroma yang tidak sedap yang akhirnya membuat tidak nyaman dilingkup usahanya, apalagi sampai dua pekan tidak diangkut, jelas bakal jadi permasalahan ditempat usaha kami, imbuhnya.

Pantauan media ini, dari simpang tiga taman kota Betung, tumpukan sampah terlihat dijalan arah Jambi dan Sekayu juga yang kearah Palembang pun masih menggunung-gunung bahkan ada yang berserakan saat kendaraan melintas.

Via ponselnya Plt. Camat Betung Dino Suryadinata ketika diminta komentarnya memang benar pasca Lebaran ini masih ada sampah yang terlihat belum diangkut oleh petugasnya, namun mulai ada petugas kebersihan yang kerja hari ini, mungkin belum selesai semua.

Untuk lebih jelasnya kata Dino, silahkan hubungi ke Dinas Lingkungan Hidup, karena masalah sampah itu kewenangan dari Dinas tersebut termasuk UPTD nya pun disana, tukasnya.(MNN/waluyo)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *