PEMBANGUNAN GEDUNG PERTEMUAN DESA TALANG BULANG RAMPUNG

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
medianusantaranews.com

Pembangunan Gedung Pertemuan Desa Talang Bulang Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sudah mencapai penyelesaian, padahal pembangunannya baru dimulai sejak awal bulan Mei tahun 2024 ini.

Rampungnya pembangunan Balai Serba Guna Desa Talang Bulang ini sangat disyukuri warga Desa Talang Bulang, khususnya warga Dusun VI Desa Talang Bulang dimana lokasi Balai Serba Guna tersebut berada.

Salah seorang Tokoh Masyarakat Talang Bulang H Partimin sangat mengapresiasi Kepala Desa Talang Bulang Menriadi dalam kecekatannya melaksanakan pembangunan pasilitas yang dibutuhkan warga Desa Talang Bulang, salah satunya Balai Serba Guna yang berada di Dusun VI Desa Talang Bulang.

Menurut sesepuh Desa Talang Bulang ini, dengan telah selesainya pembangunan Balai Serba Guna Dusun VI Desa Talang Bulang itu, maka warga Desa Talang Bulang sudah bisa manfaatkan nya untuk kegiatan apa saja, misalnya untuk pertemuan, kegiatan, hajatan dan acara lainnya.

Untuk kedepan, kata H Partimin, warga Desa Talang Bulang sudah bisa menggunakan gedung pertemuan tersebut kalau mau, karena warga tidak perlu lagi menyewa tenda kalau ada acara hajatan.

Selain itu lanjut dia, dengan sudah dibangunnya Gedung Pertemuan di Dusun VI Desa Talang Bulang ini maka perkembangan pemukiman Desa Talang Bulang bisa lebih cepat, yang mana saat ini sudah banyak warga yang memiliki lahan di sekitar gedung pertemuan mulai membikin usaha Kapling tanah, harganya tanah disekitar pun jadi meningkat.

” Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kepala Desa Talang Bulang, Menriadi dengan telah selesainya pembangunan Gedung Serba Guna itu,” ucap H Partimin.

Sementara itu, Kepala Desa Talang Bulang, Menriadi menjelaskan, untuk diketahui bahwa Pembangunan Gedung Pertemuan Dusun VI Desa Talang Bulang itu dianggarkan melalui Dana Desa Tahun 2024 tahap pertama, pengerjaannya pun di mulai pada awal bulan Mei 2024 baru lalu dan sudah rampung pada pertengahan bulan Juni 2024 ini.

Adapun anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan Gedung Serba Guna tersebut totalnya sebesar Rp. 283 Juta lebih termasuk pajak PPN dan PPh dan upah Tukang sebesar Rp. 50 Juta. Pembangunannya pun diawasi Pengawas Dana Desa secara ketat, Babinsa, Babinkatimas , Pendamping Desa, Tenaga Ahli, Konsultan, Camat, dan DPMD Kabupaten PALI juga ikut memantau.

Karena kata Menriadi, bila ada permasalahan pengalokasian Dana Desa bisa sangat berdampak pada pencairan Dana Desa berikutnya.

” Seluruh kegiatan Dana Desa ada pertanggung jawabannya, karena Dana Desa (DD) anggaran dari Pusat, sedangkan anggaran dana desa (ADD) anggaran dari Kabupaten,” terang Menriadi

Menriadi juga mengungkapkan, bahwa dana tersebut sebenarnya sangatlah minim, untung saja lahan lokasi Gedung Serba Guna itu merupakan lahan hibah warga dengan ukuran lahan 20 meter X 15 meter, sehingga tidak mengeluarkan dana untuk ganti rugi lahan, walaupun dibutuhkan tanah timbunan sekitar 50 mobil sehingga lahan miring itu bisa rata dan dapat didirikan Gedung Pertemuan dengan ukuran 10 meter X 15 meter, selebihnya untuk lahan pekarangan atau lahan parkir saat ada kegiatan di Gedung Serba Guna

Ia pun sangat berterima kasih kepada warga yang sudah menghibahkan lahannya untuk pembangunan Gedung Serba Guna Dusun VI Desa Talang Bulang itu.

Dengan dana itu, Menriadi sebagai Kepala Desa Talang Bulang memiliki komitmen harus menyelesaikan pembangunan Gedung Pertemuan atau Balai Serba Guna tersebut agar bisa di manfaatkan warganya.

Menriadi menambahkan, sebagai Kepala Desa Talang Bulang, dalam setiap pengalokasian pembangunan menggunakan anggaran dana desa melalui rapat desa, ia selalu menekankan agar selalu lebih memprioritaskan pembangunan yang memiliki azaz manfaat bagi desa, karena itulah gunanya Dana Desa dan warga desa Talang Bulang.

Dengan sudah rampungnya pembangunan Gedung Serba Guna Dusun VI Desa Talang Bulang ini, ia pun memberitahukan kepada warga desa Talang Bulang bahwa Gedung Serba Guna Dusun VI Desa Talang Bulang sudah bisa di manfaatkan warga untuk kegiatan positif apapun. (Ab)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *