PWI Provinsi Lampung Menggelar Pra UKW Menuju UKW Angkatan XVlll 2018

MedianusantaraNews.com, Tulang Bawang Barat-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung menggelar Pra-Uji Kompetisi Wartawan (Pra-UKW).

Pra-UKW tersebut berlangsung di gedung kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)Provinsi Lampung dengan narasumber yang dipimpin langsung Oleh PLT ketua PWI provinsi Lampung Nizwar, Sekretaris PWI Provinsi Lampung Adi Kurniawan,Iskandar Pimpinan Redaksi Koran Harian LampungPost.Minggu(4/11).

Mengawali sambutannya,Adi kurniawan Sekretaris PWI Provinsi Lampung mengatakan berlangsungnya kegiatan Pra-UKW tersebut agar meringankan atau memberikan suatu arahan kepada peserta untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW)yang akan berlangsung besok.Pada Senin(5/11)sampai hari Selasa(6/11).

“Kegiatan Pra-UKW ini biar peserta UKW tahu materi yang akan dikerjakan besok,”katanya.

Adi Kurniawan mendorong kepada pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)dilampung,agar pada tahun 2019 mendatang seluruh wartawan diwajibkan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW),mulai jenjang Muda,Madya Sampai ke Utama.Sehingga wartawan Dilampung khususnya yang tergabung di Persatuan Wartawan Indonesia(PWI)agar bisa meraih predikat wartawan Kompeten.

“Wajib UKW tapi dimulai dari Muda,setelah lulus lanjut Madya sampai kejenjang Utama.Biar kita diakui dewan pers apabila lulus UKW”tegasnya.

Sementara,Nizwar PLT ketua PWI provinsi memberikan arahan materi dalam pelaksanaan Pra-UKW mengatakan,bahwa tahun depan akan dipersulit dalam mengikuti pelaksanaan UKW,selain UKW ada pelaksanaan yang ditambah.

“Tahun depan itu ada LKW,”katanya.

Dalam arahannya,Nizwar PLT ketua PWI provinsi Lampung meminta agar para peserta dapat berhati-hati dalam melakukan Ujian Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Yang pasti peserta UKW saya harapkan bisa konsentrasi dengan materi yang akan dilakukan besok,”terangnya.

Ia berharap semua peserta yang mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW)besok dapat memberikan hasil yang maksimal.

“Mudah-mudahan bisa lulus 100%.Lulus semua,Amin,”pintanya.

Pelaksanaan Pra-UKW dilanjutkan dengan memberikan pembahasan Materi Ujian Kompetensi Wartawan (UKW)dengan Materi ujian kategori muda yakni:

1.Mengusulkan berita dan ditulis secara singkat
-Headline
-Deadline
-Lead
-Body

2.Rapat redaksi/proyeksi
-Kriminal
-Ekonomi
-Pemerintah
-Kesehatan
-Pendidikan
-Olahraga
-Pariwisata

3.Wawancara tatap muka/cegat/doorstop
4.Mencari bahan liputan terjadwal
5.Menulis berita
6.Mengajukan berita dengan peserta Madya
7.Menyunting Berita sendiri
8.Rapat Redaksi dan menulis berita hasil wawancara
9.Jejaring.

Kegiatan Pra-UKW dilanjutkan dengan pemaparan materi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kategori Madya dan Utama dengan dipimpin langsung oleh Iskandar Pimpinan Redaksi Koran Harian LampungPost Provinsi Lampung.

Penulis:Reki Sanjaya




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *