Sales Ini Merangkap Jadi Penipu

LAHAT, medianusantaranews.com

Sales dari CV. Bintang Usaha Sejahtera, Mukhlisin (23) yang tercatat sebagai warga Jalan Rejang Perumahan Grand Hill Lembayung, Kelurahan Bandar Agung, Kecamatan Lahat Sumatera Selatan, terpaksa harus berurusan dengan pihak berwajib setelah dilaporkan oleh bosnya, karena membuat orderan barang berupa kemasan fiktif.

Informasi yang dihimpun, kejadian penggelapan sesuai dengan pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP bermula diawal bulan November 2017 sampai pertengahan bulan Januari 2018 ketika itu tersangka melakukan orderan barang berupa susu, 11 Januari 2018.

Tindak kejahatanya pihak saat perusahaan melakukan pemeriksaan mendapati orderan tidak ada daftar toko yang dimasukkan tersangka ke sistem DMS.

Merasa dirugikan, Menejer CV. Bintang Usaha Sejahtera, Lina Sugiarto (39) melaporkan ke pihak Mapolsekta Lahat. Atas laporan itu Sabtu laku sekira pukul 16.00 wib, tersangka Satuan Reskrim Polsek Kota Lahat yang dikomandoi Kapolsek Kota Lahat AKP Lihardi didampingi Kanitres Ipda Irsan S.E dikediamannya dan tersangka tidak ada perlawanan.

Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi S.IK melalui Kasat Reskrim AKP Ginanjar membenarkan ada penangkapan tersebut. Dikatakan Ginanjar, tersangka kini menjalani pemeriksaan. “Tersangka sendiri masih kita minta keterangan, adapun barang bukti yang diamankan berupa empat lembar nota faktur penjualan palsu,” terangnya .

Lebih lanjut kata Ginanjar, dari tindakan yang dilakukan tersangka, total kerugian yang dialami perusahaan mencapai RP. 147 juta dan orderan atas nama pelaku, karena nota faktur penjualan yang telah tercetak tidak dapat diubah oleh siapapun.

“Seluruhnya barang orderan sales tersebut dialihkan ke toko yang lain yang bukan tujuan toko yang tertulis di faktur penjualan, lalu membuat nota manual buatan sendiri, dan menjual barang tersebut ke toko lain. Dari hasil penjualan digunakan untuk kepentingan hidupnya, tersangka terancam kurungan penjara diatas lima tahun penjara, “pungkasnya.

(waluyo)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *