Tingkatkan Kualitas Dosen, UM Lampung Gelar Bimtek Penyusunan CPL dan RPS

BANDARLAMPUNG.MEDIANUSANTARANEWS.COM —Lembaga Penjaminan Mutu Universitas (LPMU) kampus Universitas Muhammadiyah (UM) Lampung menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), hari ini, Kamis (6/9/2018).

Kegiatan ditujukan bagi seluruh staf pengajar, baik dosen tetap yayasan/Persyarikatan Muhammadiyah maupun dosen tidak tetap dari total 12 program studi (prodi) di lingkungan kampus yang berada di Jalan Zainal Abidin Pagaralam, Kedaton, Bandarlampung itu.

“Bimtek hari ini merupakan kegiatan rutin tiap awal semester, sebagai bagian upaya kampus kita mendorong seluruh dosen di lingkungan UM Lampung, agar dapat terus berkreasi melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi,” kata Rektor UM Lampung Dr. Dalman, M.Pd saat memberikan arahannya.

Dalman mengatakan, dalam tradisi modern kampus perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM), selain aspek pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, juga plus Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

“Inilah Catur Darma Perguruan Tinggi,” kata dia.

Dalman menambahkan, pada dasarnya Bimtek Penyusunan CPL dan RPS ini wajib dikuasai oleh dosen, sebagai semacam SIM bagi dosen untuk mengajar dan penyempurnaan tata kelola perencanaan, pelaksanaan, hingga monitoring kegiatan pembelajaran.

Disamping itu, bimtek tersebut juga mengacu Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) dan sesuai amanat Peraturan Menristekdikti 44/2015.

Berlangsung pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, tampil memberikan materi, Dr. Dalman sendiri, Plt. Wakil Rektor I UM Lampung Dr. Any Nurhayati, M.Psi., dan Kepala LPMU Carla Maretha, M.A. Acara dipandu Thohir Tohili, sekretaris LPMU.

Saat dikonfirmasi tujuan kegiatan, Dalman menyebut tidak lain agar supaya pengelola 12 program studi termasuk prodi unggulan seperti Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Pendidikan Luar Biasa (PLB) kampusnya dapat mencapai target mutu lulusan yang maksimal dengan hasil membanggakan.

“Tentunya senantiasa diiringi harapan lulusannya kelak dapat diterima baik oleh para stakeholders dan masyarakat pada umumnya,” tutupnya dari ujung telepon, Kamis (6/9/2018).

Asal tahu saja, UM Lampung memperpanjang masa pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PMB) dari 30 Agustus hingga 15 September 2018. Besarnya animo masyarakat, terutama lulusan SMU/SMK 2017-2018 menjadi salah satu pertimbangan perpanjangan. [red/mzl]




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *