Warga Minta Pengelola BUMT Jelaskan Jenis Usaha

Tulangbawang Barat, Medianusantaranews.com – Agar tidak menimbulkan tudingan miring dari masyarakat terkait realisasi dana BUMTi tiyuh Karta. Warga tiyuh Karta kembali pertanyakan keberadaan Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT) tiyuh Karta, Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Pasalnya, keberadaan badan usaha tersebut dipandang belum maksimal system pengelolaannya.
Salah satu warga tiyuh Karta Madan mengatakan, sejak berdirinya BUMT tersebut tidak pernah di musyawarahkan dengan masyarakat, dan dirinya berharap pengurus BUMT menjelaskan kepada warga terkait kegunaahn dana BUMT.” Kalau memang dana tersebut untuk tiyuh maka masyarakat diberikan kesempatan untuk bermitra misalnya pinjaman modal atau mengajukan dalam bentuk lain,” ujar Madan, Senin(29/10/2018).
Senada diungkapkan warga lainnya Fauzi, dirinya minta kegiatan yang ada di tiyuh Karta termasuk BUMT harus dilakukan secara transparan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kecemburuan sosial dari masyarakat. “ kita minta kepada pengelola BUMT untuk selalu transparan, agar tidak menimbulkan tanda Tanya atau kecemburuan social antar warga,”ujarnya.
Dirinya menilai selama ini masyarakat tidak mengetahui badan usha milik tiyuh tersebut bergerak dalam usaha apa, serta siapa saja yang terlibat dalam pengelolaan usaha tersebut.
Sementara itu, mantan pengurus BUMT tiyuh Karta saat dikonfirmasi awak media mengatakan, dirinya tidak tahu menahu terkait realisasi dana yang diperuntukkan penyertaan modal BUMT. Karena selaku bendahara pada tahun 2016 dirinya hanya mencairkan saja.” Saya hanya mencairkan saja dana BUMT itu, dan tidak dilibatkan dalam pengelolaan anggaran itu,”ujar Koying selaku bendahara BUMT tahun 2016.(TIM).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *