WADUH, JALUR PIPA MINYAK MENTAH PT PERTAMINA ZONA 4 ADERA FIELD BOCOR LAGI, HINGGA CEMARI SUNGAI PRABANON DAN TANAM TUMBUH WARGA

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
medianusantaranews.com

Kebocoran jalur pipa distribusi minyak mentah milik PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field bukan kejadian aneh di areal operasional perusahaan BUMN ini. Namun sudah sangat sering terjadi. Kebocoran pipa minyak mentah milik PT Pertamina tersebut bukan cuma sudah mengakibatkan kerugian bagi lingkungan serta warga pemilik lahan yang terdampak. Namun juga sudah membuat kerugian bagi negara lantaran terbuangnya minyak mentah secara percuma.

Kali ini, telah terjadi lagi kebocoran Pipa milik PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field yang berlokasi di Areal lokasi Abab Payau Prabanon Desa Betung Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan.

Menurut keterangan Amerudin (50 th) Warga Desa Betung Kecamatan Abab  bahwa pristiwa kebocoran itu diketahui pada Rabu (28/09/2022).

Lahan dan tanam tumbuh warga terdampak tercemar akibat kebocoran jalur pipa milik PT Pertamina Zona 4 Field Adera, Rabu (28/09/2022)

Dikatakan Amer, dampak dari kebocoran pipa minyak PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field tersebut sudah mengakibatkan tercemarnya air sungai Prabanon dan lahan serta tanam tumbuh warga oleh semburan minyak mentah.

Menurut dia, diduga kebocoran pipa minyak PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field tersebut penyebabnya karena korosi atau material pipa yang sudah tak laik pakai namun tetap dipergunakan.

Dirinya sendiri sangatlah menyayangkan karena sudah sangat seringnya terjadi kebocoran jalur pipa milik PT Pertamina. Karena kata dia, kebocoran minyak mentah bukan cuma akan merusak lingkungan dan mengancam kesehatan warga karena zat zat berbahaya sebagai bahan campuran minyak mentah. Namun juga sudah menyebabkan kerugian bagi negara.

Sungai Prabanon yang sehari hari selalu di manfaatkan warga ikut tercemar aliran dan resapan minyak mentah yang bocor

Untuk itu lanjut dia, hendaknya Pimpinan PT Pertamina perlu melakukan evaluasi terhadap pegawai pegawai PT Pertamina yang memiliki tanggung jawab di areal operasional setempat

” Kita sangat menyayangkan karena seringnya terjadi kebocoran jalur pipa minyak mentah di areal PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field, Hal ini menurut kami Pimpinan PT Pertamina perlu melakukan evaluasi terhadap pegawai pegawai Pertamina yang bertugas di tempat operasional setempat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Betung Kecamatan Abab, Supratman sudah di hubungi Wartawan, Rabu (28/09/2022). Namun Kepala Desa belum mau memberikan keterangan karena dirimya belum menerima laporan warga.

“Belum tahu, soalnya belum ada laporan warga. Dan nanti saya akan mengecek langsung ke lapangan,” ucapnya singkat.

Sedangkan dari pihak PT Pertamina, yang langsung di konfirmasi melalui Humas PT Pertamina Prabumulih sejak hari kejadian. Hingga berita ini diturunkan tidak memberikan keterangan. (AE)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *