Wabup Lampura Ardian Saputra Serahkan 127 SHM

Kotabumi,medianusantaranrws.com- Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra, menyerahkan 127 Sertifikat Hak Milik (SHM). Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), untuk Desa Gunung Gijul Kecamatan Abung Tengah. Penyerahan itu berlangsung di Halaman Kantor Kades Setempat, Selasa, (01/08/2023).

Wakil Bupati Lampura, Ardian Saputra dalam sambutannya mengatakan, Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari Pemerintah Pusat melakui Kementerian ATR/BPN, ini merupakan langkah untuk membantu masyarakat agar mendapatkan kepastian hukum yang jelas atas kepemilikan tanah.

Tujuanya kedepan agar tidak ada lagi sesama warga dan antar tetangga yang ribut dengan batas tanahnya. “Semua masyarakat Lampura khususnya Desa Gunung Gijul Kecamatan Abung Tengah patut bersyukur, karena berbagai program Pemerintah telah secara nyata dirasakan,” kata Ardian.

Lanjut Ardian, Program PTSL tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah melaksanakan percepatan penerbitan Sertifikat Tanah bagi masyarakat, dalam rangka melindungi dan memberikan kekuatan hukum bagi tanah-tanah milik masyarakat, sehingga dapat terhindar dari perselisihan atau sengketa.

“Mari kita bersama-sama mendukung Program Nasional dari ATR/BPN hingga nantinya tidak ada lagi terjadi sengketa antar sesama warga atas kepemilikan tanah,” tandasnya.

Ketika itu, Kepala Desa Gunung Gijul, Ferry mengatakan Desa Gunung Gijul adalah Desa Konservasi yang sangat melimpah sumber mata airnya dan selalu kami jaga bersama konservasinya baik flora dan fauna yang ada, karena kami masyarakat Gunung Gijul sadar tanggungjawab kami bersama kalau tidak dijaga akan musnah.

Jadi, kami punya kewajiban bersama masyarakat menjaga dan lestarikan hutan yang ada di Desa kami ini, karena letak Desa Gunung Gijul ini berada di perbukitan. Dari 11 Desa yang ada di Kecamatan Abung Tengah, Desa Gunung Gijul lah yang paling tinggi dan paling ujung.”Alhamdulillah Infrastruktur yang ada di Desa sudah berlahan-lahan baik dan terus berbenah lagi, agar lebih baik lagi kedepan,”ucapnya.

Masyarakat Abung Tengah khususnya Desa Gunung Gijul berharap kepada Pemerintah Daerah, dapat memperbaiki jalan, yang dari arah Desa Bonglai arah ke Desa kami dapat diperbaiki.

“Terimakasih kepada Pemerintah Daerah dari tahun-tahun sebelumnya yang telah membangun Jembatan dan memperbaiki jalan dan telah dirasakan manfaatnya,” tandasnya.

Lanjut Dia, Ini yang ke-6 kali Sertifikat Program PTSL yang dibagikan di Desa Gunung Gijul berkerjasama antar Desa Kecamatan Abung Tengah dan berkat Pemerintah Daerah Lampung Utara.

“Kami masyarakat Desa mengucapkan terimakasih kepada bapak Wakil Bupati yang telah memfasilitasi pembagian Sertifikat Program PTSL. Sudah 90 persen masyarakat Desa Gunung Gijul telah memiliki sertifikat,” jelasnya

Untuk Desa Gunung Gijul potensi hasil perkebunan yang sangat baik, seperti buah Durian dan lainnya. “Sudah dua kali mengadakan festival Durian di Desa Gunung Gijul,” tambahnya.

Hadir dalam penyerahan Sertifikat itu, Asisten 1, Mankodri, Kadis Perumahan dan Permukiman, Erwin Syaputra, Ka. BPN yang diwakili Iwan Yuliansyah, Sekretaris Dinas Perhubungan Anum, Kabag Kesra Apriyadi, Camat Abung Tengah Kasim, Kabid PMD M. Thoha, Forkopincam, para Kades se-Kecamatan Abung Tengah, Tokoh Adat, Agama dan warga setempat. (adv/MNN/Dewi)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *