RESPON CEPAT BINDA SUMSEL, SAMBANGI KORBAN BANJIR BANDANG DI KELURAHAN MUARA ENIM

Muara Enim
medianusantaranews.com

Diketahui, beberapa hari terakhir terjadi intensitas hujan yang sangat tinggi di wilayah Kabupaten Muara Enim sehingga meningkatnya debit air di beberapa sungai yang mengakibatkan bencana banjir di pemukiman warga.

Diantaranya di pemukiman warga yang berada di Kampung 8 Kelurahan Muara Enim Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim – Sumsel mengalami banjir bandang.

Bencana banjir bandang ini mendapat perhatian dari banyak pihak, diantaranya respon cepat serta kepedulian dari institusi negara Badan Intelijen Negara (BIN).

Hal itu dibuktikan dengan kunjungan Badan Intelejen Negara (BIN),melalui Koordinator Wilayah BINDA Sumsel ke pemukiman warga Kampung 8 Kelurahan Muara Enim yang terdampak banjir bandang.

Kunjungan Binda Sumsel ini disertai dengan memberikan bantuan sebanyak 50 dus mie instant, nasi bungkus, makanan siap saji dan obat obatan.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh BINDA SUMSEL kepada korban yang terdampak banjir bandang di wilayah kampung 8 Kelurahan Muara Enim.

Pada kesempatan ini, Kabinda Sumsel, melalui Kabag Ops Binda Sumsel Kolonel Kav Dody Syamsurizal, didampingi Koordinator Wilayah Muara Enim, Kapten Inf Feri Tuispani,SH.,MH mengatakan bahwa bantuan tersebut guna sedikit meringankan beban korban bencana banjir bandang di Kelurahan Muara Enim. Ini juga sebagai bentuk dan kepedulian serta upaya untuk meringankan beban yang diderita korban yang terdampak banjir di Kelurahan Muara Enim.

Dikatakan Dody, bantuan dimaksud diberikan kepada 20 Kepala Keluarga yang terdampak langsung bencana banjir di Kampung 8 Kelurahan Muara Enim.

“Kita harapkan, apa yang kita berikan ini bisa sedikit membantu baik itu kebutuhan dasar masyarakat maupun kebutuhan lainnya. Karena kita tau, banyak sekali hal yang dibutuhkan korban pasca banjir yang terjadi beberapa hari belakangan,” ujarnya, Jumat (10/03/2023).

Selain itu, lanjut dia, pihaknya saat ini juga terus memantau wilayah wilayah mana saja yang masih perlu mendapatkan perhatian dan bantuan. BINDA Sumsel bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim juga sudah mendirikan Posko kesehatan di Kelurahan Muara Enim.

Lebih lanjut kata dia, situasi yang sedang terjadi saat ini, pihaknya juga terus menantau di berbagai wilayah di Provinsi Sumsel.

“Tidak hanya warga di Kelurahan Muara Enim saja, kita juga terus memantau daerah mana saja yang saat ini membutuhkan bantuan,” katanya.

“Diharapkan kondisi bisa segera pulih dan warga bisa kembali beraktifitas seperti biasa, mengingat peristiwa ini membuat masyarakat harus waspada dimana kondisi air dan hujan yang terbilang masih tinggi,” ungkapnya

Seperti diketahui, bencana banjir bandang sempat melanda beberapa daerah di Sumatera Selatan seperti di Kabupaten Lahat dan Muara Enim. Beberapa wilayah terendam banjir hingga 2 meter yang mengharuskan warga mengungsi meninggalkan rumah.

Namun saat ini sudah ada beberapa wilayah yang kembali normal. Warga saat ini mulai membersihkan rumah dan masih ada juga wilayah yang terendam.(Ab)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *