228 JCH Asal Kabupaten Way Kanan Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

Way Kanan,medianusantaranews.com- Sebanyak 228 jama’ah calon haji (JCM) asal Kabupaten Way Kanan pada tahun ini diberangkatkan ke Tanah Suci yang rencananya proses pemberangkatanya dipusatkan di Gedung Serba Guna (GSG) Way Kanan Provinsi Lampung hari Senin (29/05/2023).

Ali Sholihin Kepala Bidang manasik Haji Kantor Kementrian Agama Wilayah Way Kanan mengatakan, kuota jama’ah haji Kabupaten Way Kanan ningkat hampir 100 persen pada tahun ini, pada tahun lalu hanya 107 jama’ah, tidak sampai 50 % ketika itu dalam pandemi covid-19.

“Untuk jumlah jama’ah calon haji yang berangkat tahun ini meningkat hampir 100 % dibandingkan tahun sebelumnya, tahun lalu kita hanya mendapat kuota 107 jama’ah, tetapi untuk tahun ini kita mendapat kuotanya 228 jama’ah yang diberangkatkan, “ungkapnya.

Ali juga mengatakan, untuk Kabupaten Way Kanan mengalami perubahan dalam biaya penyelengaraan, perubahan tersebut dengan pengurangan subsidi. “Perubahan itu pasti ada, karena ini pengurangan subsidi, biaya haji tahun ini mencapai 90 juta normalnya, tetapi karena JCH ada yang mendaftar puluhan tahun lalu dan telah tercatat namanya jadi mereka mendapatkan subsidi nilai manfaat.

Nilai manfaat yang diberikan kejama’ah haji ini mencapai 40 juta perjamaah, artinya kalau tidak ada subsidi nilai manfaat itu, para jama’ah harus bayar 90 juta, “terangnya.

Ali menambahkan, Pemkab Way Kanan juga telah membantu dengan nyiapkan seluruh ongkos biaya transit daerah. “Jadi seluruh jama’ah haji Kabupaten Way Kanan ke Provinsi disiapkan oleh Pemerintah Daerah, sudah disiapkan 8 bus untuk mengangkut jama’ah dan 2 truk pengangkut untuk barang kopernya, jadi kita tinggal tunggu jadwal resminya saja dari kesiapan Provinsi, “tutupnya (Mnn/Ardiansyah)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *